Press "Enter" to skip to content

Mari Simak Weirdos, Unit Rock Asal Banjarmasin

Bisa dibilang artikel mengenai band ini saya tulis cuma karena saya lagi nunggu sahur dan pesta olahraga akbar di Eropa yang belum dimulai. Tapi nggak menurunkan rasa penasaran saya untuk lebih mengenal unit alternative rock asal Banjarmasin satu ini. Sebelumnya, saya nggak tau pergerakan skena musik di sana, taunya “kalau udah lulus, coba cari kerjaan di Banjarmasin”. Tapi, setelah mendengar dua demo mereka, ada rasa ingin tau lebih dalam mengenai pergerakan di sana. Dan band ini khususnya.

Weirdos, baru aja melempar single bertajuk Weirdos, sama dengan nama band. Single ini adalah single ke-2 yang dirilis, setelah pada bulan Mei lalu mereka telah merilis single pertama, Plug & Play. Jelas, dua single ini menjadi penanda eksistensi mereka, yang baru terbentuk di tahun 2015 lalu. Semangat nge-band masih kenceng, nih. Semacam amunisi untuk menghajar panggung-panggung biar nggak melulu cover lagu orang. Dua single yang direncanakan bakal masuk di album perdana mereka, yang direncanakan rampung tahun 2017. Moga lancar ya.

Di single Weirdos, Afif (vokal, gitar), Ari (gitar), Azwar (bass) dan Aswin (drum) seolah menegaskan musik yang mereka tawarkan, berisik dan enerjik. Weirdos terinspirasi dari banyaknya orang-orang unik dengan talenta unik yang harus menyerah pada sistem. “Lagu ini semacam ajakan bagi mereka agar jangan menyerah dengan dirinya sendiri,” kisah Afif. Lumayan terwakilkan oleh vokal Afif yang bersemangat dan teriak-teriakan. Karena dua single perkenalan ini mereka kirim dalam satu pesan e-mail, saya lebih condong menyimak Plug & Play. Gila. Musik cepat yang mereka mainin mungkin udah pernah saya denger lewat band-band lokal Bandung, yang agak setipe.

Yang menjadi nilai lebihnya mungkin karena ini saya denger dari band asal Banjarmasin, yang kultur musiknya sama sekali nggak saya ketahui hahaha. Membayangkan Weirdos manggung di gigs seru di Bandung semacam Sorge Gigs, Mulyono, atau gigs kolektif lainnya. Musik bagus mereka tentu perlu gigs yang mampu memfasilitasi berupa gerakan liar dan keringat. Mudah-mudahan satu waktu nanti Weirdos bisa mampir ke Bandung. Atau saya yang ke sana aja gitu? Sambil kerja. Nanti kalau udah lulus. Bentar lagi.

Sukses untuk Weirdos! Untuk warga kreatif sekalian, lebih baik ikut menyimak lagu mereka di bawah ini.

Twitter: @weirdos_ID

Comments are closed.