Press "Enter" to skip to content

“Manusia Silver”, Sekuel dari “Manusia Perak”, Akhirnya Dilepas Muchos Libre

Betul, tulisan ini sesuai dengan judul yang tertera. Sudah jelas, bukan? Sisanya saya mau lanjut cerita aja karena bukankah sebuah artikel seharusnya berisi tulisan banyak nggak seperti tribunnews daring versi berbagai daerah?

Muchos Libre, sekawanan garage rock asal Bandung, kembali merilis sebuah single. Belum genap dua bulan sejak perilisan lagu Manusia Perak, kini mereka perdengarkan sekuel dari pendahulunya yang diberi tajuk Manusia Silver, tepatnya pada 10 April 2020. Hmm, menggelitik.

Manusia Silver turut pula menjadi salah satu nomor yang akan masuk ke dalam album anyar Muchos Libre yang direncanakan meluncur pertengahan tahun 2020 melalui label rekaman idola jemaah indie asal Bandung, Orange Cliff Records. Menarik menyimak Dally (vokal), Dilla (vokal), Ardian (gitar), Iki (gitar), Oki (bass), dan Hilman (drum) saat ini. Lebih proper aja gitu. Rapi benerrr.

Tentu karena ini merupakan sekuel, Manusia Perak dan Manusia Silver saling bertautan. Dikutip melalui siaran pers, lagu ini tercipta karena di saat proses pembuatan Manusia Perak, Dally (Korongmentah) dan Dilla (Bagongtempur) menulis lirik namun berbeda pandangan. Manusia Perak mendeskripsikan kehidupan tokoh tersebut, sementara Manusia Silver menceritakan kemarahan dan kegilaan dari si manusia perak.

Hal yang menggelitik nggak cuma tampak dalam segi lirik. Rupa ilustrasi dan pengisi vokal utama pun dilekatkan kepada masing-masing empunya; Korongmentah pada Manusia Perak dan Bagongtempur pada Manusia Silver. Layaknya Duo Maia membagi porsi pada karya-karyanya. Sungguh manis.

Melalui dua rilisan ini pula, kita bisa dengan jelas melihat progresivitas musik Muchos Libre sejak Viva La Libre (2013), Todos Los Hombres (2013), Penghancur Musik Rock Telah Tiba (2019), hingga sekarang. Buat saya, karya saat ini mampu mengemas segala keserampangan yang mereka tunjukkan pada lirik, musikalitas, branding (tentu saja), dan hal antik yang mereka punya ke dalam paduan gagah nan genit. Jeng jet teweewww!

Penanggungjawab ilustrasi masih dipercayakan kepada Gandhi Eka, ilustrator sekaligus komikus asal Jogja. Sentuhan animasi dan video pada video lirik dikerjakan langsung oleh Dally. Kini, Manusia Silver sudah bisa didengarkan melalui platform musik digital kegemaranmu.

Oh ya, kabarnya bakal ada single lanjutan terkait ini berjudul Manusia Argentum. Iya, unsur Argentum, logam putih berkilat dengan nomor atom 47 dan bobot atom 107,868. Tapi bohong. Hahaha malah dibaca.


Twitter: @muchos_libre

Instagram: instagram.com/muchos_libre