Press "Enter" to skip to content

Mantra Chitarra dalam Rupa “Rules of The Jungle”

Pandemi ini sungguh menyebalkan. Mengubah situasi secara drastis dan dominasi kebingungan dalam pikiran. #StayAtHome menjadi cara paling relevan dalam meredam penyebaran virusnya. Sungguh ironis. Aktivitas kerja demi bertahan hidup jadi terseok. Ironi di atas ironi kalau kata Spongebob mah.

Ngeluh aja emang nggak akan jadi solusi. Butuh pengalihan pikiran sekalipun di rumah terus, semacam dengerin lagu biar mood bagus. Untungnya ada lagu bagus dari Chitarra yang baru-baru ini merilis single bertajuk Rules of The Jungle.

Penyanyi sekaligus penulis lagu dengan nama lengkap Amanda Chitarra ini mengawali karier solonya setelah lama bermusik bersama unit etnik-elektronik Jakarta, Parisude. Chitarra melakukan eksplorasi musikalitasnya terhadap berbagai instrumen tradisional Indonesia yang sekarang memainkan peran penting dalam proyek solonya.

Rules of The Jungle adalah karya perdananya. Memuat pesan untuk tetap kuat di kehidupan yang terasa begitu banyak persoalan ini. “Face the fight that you believe in the rules of the jungle…” adalah gambaran kehidupan yang dianalogikan sebagai hutan belantara yang kejam. Penggalan tersebut bisa jadi mantra buat kita tetap survive.

“Lagu ini sebetulnya adalah buah hasil tugas kelas songwriting waktu saya masih kuliah musik sekitar 4 tahun lalu. Jadi sudah jadul sebetulnya. Saya nulis bareng teman asal Curacao, Karibia, bernama Shandrelica Casper (vokalis/perkusionis). Saya yang membuat lirik dan melodi vokalnya, lalu beat-nya dari Casper,” kisah Chitarra melalui rilis pers.

Ia kemudian melanjutkan bahwa film The Jungle Book (2016) sempat mampir di pikiran saat proses pencarian inspirasi lirik. “Itulah kemudian yang jadi bahan inspirasi awal saya untuk lagu ini dan prosesnya memakan waktu sejak satu tahun yang lalu untuk mengaransemen seperti yang tercipta sekarang,” lanjutnya.

Diproduseri oleh Ammir Gita, Rules of The Jungle bisa menjadi medium kontemplasi mengeluarkan sesaknya permasalahan yang terjadi saat ini untuk sama-sama saling menguatkan. Instrumen tradisional seperti Dijeridoo, Bonang Diatonis, Kalimba dan Hulusi Chinese Flute yang dipadukan dalam lagu ini dikemas tanpa meninggalkan kesan “musik diplomatis” dan “world music” yang biasanya terlalu menonjol pada setiap karya yang membawa musik tradisional di dalamnya.

Single ini resmi dirilis pada 3 April 2020 dan sudah bisa didengarkan melalui berbagai platform musik digital. Track Rules of The Jungle juga akan terangkum dalam mini album yang rencananya akan segera dirilis. Tunggu saja kabarnya!

Oh ya, mari simak Chitarra yang baru saja membawakan Rules of The Jungle secara live!


Twitter: @chitarramusic

Instagram: instagram.com/chitarramusic