Press "Enter" to skip to content

Makna Hari Binatang bagi Scott si Badak Putih yang Ngakunya Unicorn

Haloooo, kembali lagi di rubrik Wawancarrr. Kali ini saya ditugaskan oleh kantor untuk mewawancarr-i sesuatu yang berhubungan dengan binatang, karena berkaitan dengan tema kita bulan ini. Setelah berkuriling-kuriling Bandung, akhirnya saya menemukan (apa menemui yah ?) sesosok hewan yang super ganteng. Badak putih di kantor Balai Kota Bandung. Ia berdiri di sana dengan gagah. Memang gagah,sih, tapi saya dengar-dengar gosip ia agak-agak delusional gitu. Tapi yah, kita coba tanyakan saja lah. Langsung aja saya dekati si Badak Putih ini.

Halo Pak Badak, apa kabar ?

Badak Putih (BP): ‘Ello, apha khabar ?

(dalam hati) *eh, naha logat bule ?*, eh iya, emm, how are you, sir ?

BP: I’m fine, thank you, let’s just speak in Indonesian, I can speak Indonesian really.

Well, okay, sir. Hmm, oke, saya panggil mister enaknya apa yah ?

BP: Panggil ajya saya Scott.

 

*Oke, sejak saat ini, BP kita ganti jadi SC. Scott*

Oh, mm, oke Mister Scott.

Sc: Scott saja cyukup.

Oke, Scott. Bagaimana kabarnya, nih ? Sehat,kan, ya?

Sc: sehat selalu, saya syelalu bermandi matahari, kulit saya makin indah dan putih tiap saat.

Oh begitu ya Scott. Sekarang kesibukannya apa aja,nih ?

Sc: ya, begitu syaja, diam syaja di syini. Mengamati orang-orang lewat.

Ooh. Scott, kebetulan saya ada tugas dari kantor, nih, untuk tanya-tanya Scott mengenai pendapat Scott untuk hari binatang sedunia 4 Oktober nanti, menurut Scott sebagai badak putih bagaimana ?

Sc: Hari hewan ya ? Hmm, syebentar, pak…?

ROI!

Sc: Pak ROI! Jangan syalah paham. Aku bukan badak putih. You’ve got it wrong there.

Lah, terus apa pak ?

Sc: Syebenarnya saya Unicorn, Unicorn yang kebanyakan makan. After a strict diet, I’m going to be fabolous, you know ?

*ooohhhh matak kitu disebut delusional teh...* Okee… tapi tetap saja Unicorn itu hewan,kan, ya?

Sc: Oh tentu, of course. Oke, aku jawab pertanyaan pak Bima. Bagi saya, itu penting. Untuk menjaga keberadaan hewan seperti Badak Bercyula Syatu, atau Gajah Sumatera yang sudah mulai punah.

Ok. Menurut Scott, relevansinya untuk kehidupan manusia bagaimana,ya ?

Sc: Kamyu tau naga ?

Naga, naga as in dragon gitu Scott ?

Sc: yes, exactly. Dragon. Kamu tau kan naga cuma jadi cerita-cerita khayalan aja, kamu hanya lihat gambarnya nggak pernah lihat aslinya ?

Iya, nggak pernah.

Sc: Kalau mereka punah, mereka akan seperti naga. Hanya ada di cerita, tidak bisa dilihat. Sedih,,kan?

Hmm, iya juga sih. Kalau menurut Scott, bijaknya seperti apa,sih ?

Sc: kalau kata aku, bijaknya tentunya konservasi alam. Kalau kebun binatang tidak cukup. Tidak baiklah. Coba kamu lihat itu kasus yang di Surabaya beberapa bulan yang lalu. It’s scary for us animals.

Iya yah Scott.

Sc: Begitulah. Perketat dan perluaslah itu konservasi. Aku jamin pasti bakal okay. Mereka akan lebih senang hidup di alam asli, daripada dipenjara di kebun binatang. You got my point ?

Okay, I definitely got your point Scott..

Sc: Sekarang, boleh aku tanya kamu ?

Ya, boleh Scott, agak aneh, tapi ya silahkan.

Sc: menurut you, kenapa manusia kerap berburu hewan yang tidak mereka butuhkan sebagai kebutuhan primer, makanan misalnya ?

Menurut saya sih ya, ada kebanggan tersendiri bagi mereka yang membunuh hewan dengan senapan. Asa gagah kalau kata orang sunda mah. Hanya dirasa saja, padahal tidak. Padahal bagi saya,sih, itu bodoh. Terus ada juga kesenangan semu bagi orang-orang yang pakai produk seperti dari gading gajah atau cula badak.

Sc: a point for you,definitely agree with you, smart boy. Okay, you’re turn.

Apalagi ya.. hmm. Sebenarnya saya mau bertanya tentang pertanyaan Scott tadi, tapi karena sudah saya jawab sendiri, saya jadi bingung mau nanya apa lagi… Oh iya, agak personal pertanyaannya boleh?

Sc: tanyakan saja dulu, kalau kata aku itu nggak masyalah, ya aku jawab.

Okay, kenapa namanya Scott ya ? Saya penasaran.

Sc: oh itu, hahah.. it’s simple, aku lahir di Balai Kota, jadi Balais kota. Balaiskota. Balaiskot. Scott.

Oh, begitu aja ?

Sc: Iya, kamu pikir bagaimana ?

Eh, nggak sih. Terus Scott, mungkin ini agak lebih sensitif lagi, kenapa Scott itu Unicorn?

Sc: you lihat lah, satu cula ini seperti Unicorn yang ada di buku-buku, kulit aku putih, aku ini Unicorn yang udah mulai rontok bulunya dan mulai gemuk, tapi aku tau kalau aku diet aku bisa kelihatan seperti Unicorn lagi, not a Rhino.

Oh gitu ya Scott. Hmm, wah, ini tiba-tiba mendung mau hujan,nih, terakhir deh, ada pesan untuk pembaca ROI ?

Sc: Sayangilah binatang, dan perlakukanlah mereka seperti binatang. Mereka punya perasaan, jangan bunuh mereka apabila tidak perlu. Jangan siksa mereka hanya demi kesenangan. I think that’s all.

Oke Scott, terima kasih banyak, saya pulang dulu kalau begitu.

Sc: take care, *wink*

…..

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *