Press "Enter" to skip to content

Makasih Ya! #1

Coba, sebutin, akhir-akhir ini lagu apa yang begitu masuk kuping langsung bisa bikin kamu senyum? Kamu pernah bilang makasih nggak ke si orang baik yang niat bikin musik penyenyum itu? Dia udah baik banget bikin karya yang bisa bikin kamu dan beberapa warga di daratan dunia juga ikutan senyum. Terlepas dari ada atau nggaknya kata “penyenyum”, saya, Maulana Ibrahim, biasa dipanggil Nando, mulai hari ini akan menulis rubrik dwimingguan yang bertajuk, Makasih Ya!.

Iya, rubrik ini bertujuan untuk memberi tahu kalian semua kalau saya ngucapin makasih untuk beberapa musisi yang telah merilis lagu-lagu bagus yang bisa bikin saya senyum. Intinya, sih, saya ingin ngajak kalian semua senyum sambil sekalian ngajak kalian bilang makasih bareng-bareng ke musisinya. Barengan ya. Sip? Put.

1. HiVi! – Pelangi

Makasih HiVi! Single baru dari HiVi! ini cukup ngagetin bagi saya. Pertama kali denger langsung bingung, ini siapa yang nyanyi? Single baru ini dirilis untuk jadi momentum perkenalan personil barunya, Neida, yang menggantikan Dea Dalila karena Dea cabut beberapa bulan lalu.

Lagu ini agak “belang” kalau dibanding lagu-lagu HiVi! sebelumnya yang masih bernuansa centil dan “muda” banget. Kalau lagu ini bisa mewakili atau menjadi muka bagi rilisan HiVi! berikutnya, saya bakal senyum lebih banyak. Aransemennya sederhana tapi lugas, liriknya ketebak tapi pas dengan suasana lagunya, khas lagu pop gitar balada era 20 tahun ke belakang.

Makasih dan salut untuk Lale, Ilman, dan Nino, produser untuk rilisan single ini. Suara yang dihasilinnya kedengeran mahal banget. Detil sekali. Saya, sih, senyum terus pas dengerin lagu ini. Diprediksi lagu ini bakal muncul edisi cover-coveran dede-dede mencoba beken di Soundcloud dan Youtube. Alasannya ya simpel, karena lagunya bagus.

 

2. Mondo Gascaro – A Deacon’s Summer

Makasih Bang Mondo! Dalam beberapa interview di media cetak, beberapa personil SORE pernah bilang kalau Mondo ini emang koki dari mayoritas lagu-lagunya SORE. Yang nentuin bumbu apa yang pas, nutrisinya segimana, dan plating-nya mau digimanain. Di lagu ini Mondo masih nyombongin kepiawaiannya sebagai singer-songwriter-producer paling sadis se-Indonesia.

Coba dengerin lagu ini sambil berangkat beraktivitas di kendaraan masing-masing. Rasanya kayak kamu lagi ada di film terus soundtrack-nya nemenin manja. Buat saya pribadi, lagu bagus itu lagu yang bisa punya peran di dua porsi, waktu kamu bener-bener fokus dengerin tanpa ada aktivitas lain, dan waktu kamu sedang beraktivitas sambil diiringin. A Deacon’s Summer bisa ngisi dua porsi itu dengan tepat.

Ya emang susah lah nggak nge-asosiasiin, apalagi ngebandingin karyanya Mondo dengan karyanya SORE di album-album awal. Lagian ngapain juga, sih, ya. Mendingan bilang makasih sama Mondo Gascaro karena masih mau bikin lagu bagus yang bisa bikin semua senyum. Udah dengerin aja, nanti juga seneng sendiri.

 

3. Bayu Risa – Ku Ada Untukmu

Makasih Bayu Risa! Roster terbaru dari Sony Music Entertainment Indonesia, label major Indonesia yang lagi rajin banget nambahin musisi-musisi bagus di daftar naungannya. Isyana, G.A.C., Soulvibe, dan masih banyak lainnya. Makasih ya SMEI!

Masih diproduserin sama Joseph Saryuf (Sinjitos! Records/Santamonica), orang yang udah “ngasuh” Bayu Risa dari album pertamanya, Rise and Start Again (2010), Ku Ada Untukmu adalah lagu dengan bassline paling nyantol di kepala saya belakangan ini. Tentunya nyantolnya juga bikin senyum. Beat drum-nya juga nyandu banget.

Minimal kamu pasti ikut angguk kepala atau tepuk tangan kecil atau goyang-goyang bahu dikit waktu track ini mengalun. Falsetto galore-nya masih jadi senjata, bikin kamu bakal bingung ini suaranya bisa gini tiap hari Mas Bayu minum apaan ya. Makasih ya Bayu Risa, makasih ya Joseph!

 

4. Ben Sihombing – Set Me Free

Wah, ini, nih. Saya sempet ngira “ah bule, nih” waktu beberapa menit lagu ini jalan. Produksiannya bagus bangetttt. Gaya nyanyinya Ben ini menurut saya asset banget. Cukup dirindukan lah suara solois cowok macam begini, yang begitu nyanyi bisa bikin orang ngobrol langsung berenti.

Lagunya hangat, liriknya yang gombal tapi woles langsung bisa bikin kamu nyanyi bareng tanpa perlu verifikasi ulang dengan buka azlyrics.com. Kalau kamu ngeuh, ada suaranya sang Abang, Petra Sihombing, di vokal latar. Paduannya pas, kayak cappuccino buatan Nadine, Numero Uno!

Saya, sih, nyaraninnya kamu dengerin sambil pake earphone yang bentuknya plugging biar kedap gitu. Detil-detil suasana lagunya bagus banget. Makasih ya Ben Sihombing!

 

5. Lizzie – P.O.V.

Band bagus, nih. Saya beruntung sempat nonton live mereka di kampus pada suatu acara ala flatgigs di mana mereka keringetan sepanjang set. Enerjik banget, bertenaga, tapi rapih. Dan saya senyum di barisan penonton.

Lagu P.O.V. ini jadi single pertama mereka semenjak signed dengan FFWD Records. Brutal, kasar, sembarangan, nggak sopan, tapi bertanggung jawab. Rasanya kayak dibangunin sahur jam 3 subuh dengan cara dibisikin sama naga, “bangun heeey”. Riff gitar bertubi-tubi, bassline-nya padat, pattern drum-nya kenceng nyerbu terus nggak berhenti-berhenti.

Saya pribadi mah jadi inget sama Foo Fighters di album One By One, tapi beda, sih, suasananya, cuma jadi inget aja. Makasih ya Lizzie udah mau mendedikasikan waktunya bikin band, briefingan, jamming, latihan, dan rekaman lagu macam gini. Saya senyum, nih, dengerinnya.


Semoga 5 lagu di atas sudah cukup bantuin kamu semua senyum bareng. Udah senyum, bilang makasih deh. Dalam hati juga cukup. Do’ain juga biar musisi-musisi ini langgeng bikin lagu bagus yang bisa masuk ke daftar putar lagu kamu sehari-hari. Udah dulu ya. Selamat senyum!

Comments are closed.