Press "Enter" to skip to content

Kumpul Produktif di “Rabuan: Matak Seger”

Selamat tengah pekan, warga kreatif! Bosen lah, ya, kalau pembukaannya bahas hujan mulu? Ya, tapi gimana atuh da emang lagi musimnya. Huhu. Tah, kan kalau hujan teh suka bikin mager. Bawaannya pengen selimutan di kamar terus, ujung-ujungna mah sare. Nggak produktif lah, pokoknya mah. Tapi pengecualian buat Rabu malem (11/11) kemarin, aku sengaja banget melawan kemageran dalam hirup ini. Dengan gagah berani a.k.a nggak takut masuk angin, aku menembus hujan demi ke acara rutin tiap minggunya BCCF (Bandung Creative City Forum) di Simpul Space #3 untuk raramean di Rabuan yang kali ini judulnya Matak Seger.

Setelah nyasar setitik karena poek nan sepi gegara hujan, akhirnya aku nyampe di lokasi. Pas nyampe udah ada beberapa orang, sih, dan lagi siap-siap juga. Kayaknya mah yang lain pada lagi ngiuhan dulu deh. Akhirnya acara baru mulai sekitar jam 19.30, dibuka oleh Garam Merica dari Soundcloud Bandung. Dengan membawakan cover lagu-lagu yang gurih kayak, After The Rain-nya Adhitia Sofyan dan ditutup oleh lagu Uptown Funk-nya Bruno Mars. Pas banget bikin seger lagi orang-orang yang dateng ke sini. Oh iya, sebelum masuk ke presentasi komunitas, ada screening video profile BCCF yang disambung pembukaan oleh Ketua BCCF sendiri, kang Fiki Satari.

Komunitas pertama yang presentasi adalah Nebengers, pasti udah pada pernah denger kali, yah, sekilas mah di Twitter gitu. Komunitas yang punya tujuan untuk saling membantu temen-temen yang butuh atau mau memberi tumpangan agar dapat memaksimalkan kendaraan pribadi dan mengurangi kemacetan ini, bercerita tentang cara kerja mereka selama ini dan juga bercerita tentang kondisi kota Bandung yang unik dibanding Ibukota, dimana Nebengers ini lebih populer. Di akhir persentasi, komunitas tersebut mengajak temen-temen yang dateng buat ikutan Nebengers Day tanggal 12 Desember nanti di Bandung. Semirip Angkot Day kemaren gitu lah, katanya.

IMG_9342
Yang ini dari komunitas Nebengers.

Selanjutnya ada temen-temen dari Ilmu Politik Fisip Unpad yang maumempersentasikan acara mereka, IPOL Expo yang bakal diadain Desember mendatang. IPOL Expo ini acara dengan format pameran dan pagelaran yang berusaha buat mengenalkan ke masyarakat luas mengenai ilmu politik itu sendiri, karena pengetahuan masyarakat masih dibilang minim soal politik dan masih banyak yang beranggapan politik itu selalu negatif. Padahal mah kan nggak. Abis itu mereka mengajak komunitas-komunitas yang hadir disini buat berpartisipasi di acara mereka dengan cara mengisi stand komunitas, soalnya komunitas teh salah satu elemen penting dalam bermasyarakat cenah.

IMG_9358
Kalau yang ini perwakilan dari acara Home At Work.

Terakhir, ada presentasi dari acara Home At Work yang merupakan pra-event dari acara utama Design Action .BDG. Acara yang bakal digelar Jumat (13/11) nanti, berupa seminar dari beberapa pakar di bidang fashion dan tata kota gitu, soalnya mereka mau mengangkat salah satu masalah di Kota Bandung, yaitu kesejahteraan dan pemukiman buruh pabrik retail internasional di Cigondewah yang kondisinya sangat buruk. Padahal retail fashion internasional itu adalah brandbrand ternama yang udah luar biasa popularitasnya yang ka-ta-nya, selalu berusaha menjaga kesejahteraan pekerja mereka, padahal kenyataannya mah geningan nggak. Menarik kan? Dateng aja geura ke Simpul Space #3 nanti Jumat, yes.

IMG_9362
Nah, ini dia, Piring Kayu.

Rabuan kali ini ditutup oleh Piring Kayu yang keren abis dan bikin merinding. Bukan gara-gara kehujanan tadi tapi, yah. Mereka ngebawain cover lagu Empati Tamako sama Sepasang Kekasih yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa yang bikin kita cengo, soalnya bagus banget aseli. Mereka juga ngebawain lagu ciptaan sendiri yang judulnya Sapi dan Pari. Syahdu bos. Beres acara, seperti biasa sesi ngobrol-ngobrol antar komunitas tadi. Lumayan buat nambah kenalan, kali aja jodoh. Pokoknya kalau pengen hari Rabu kalian produktif selalu, dateng aja tiap minggu ke sini, okeh? Warbyaza.

 

Foto: Ade Bambang Kurnia

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *