Press "Enter" to skip to content

Kuliah Malam di “Trivia Club: Culinary & Culture”

Beberapa minggu menjelang food festival tahunan Keuken yang ke-7, HTH Experience selaku inisiator, menggelar diskusi santai Trivia Club. Hari Senin (1/8) kemarin, Trivia Club membahas tentang culinary and culture dengan speakers Seto Nurseto, seorang culinary anthropology lecturer, dan Dimas Putra Pratama (culinary provider/chef). Acara yang dilaksanakan di DU71A ini cukup memikat warga kreatif Bandung untuk hadir sekadar berdiskusi, yang aku rasa mirip kuliah malam 2 SKS yang menyenangkan. Sebuah kegiatan simple tapi berbobot. Cie, robot. Eh apaan.

Trivia Club dimulai dengan Seto Nurseto yang bercerita tentang “makan” dan “makanan” yang ternyata merupakan suatu fenomena budaya. “Kebiasaan makan pun adalah suatu relasi yang sangat kompleks karena menyangkut cara memasak, suka dan tidak suka, boleh dan tidak boleh. Keterkaitannya dengan berbagai kepercayaan atau religi maupun mistis,” kata Seto. Dia juga menjelaskan beberapa makanan yang meyangkut kultur lainnya, seperti nasi, sagu, sampai papeda. Beberapa makanan khas daerah dibahas juga. Sayangnya nggak dari sabang sampai merauke, dan yang sangat disayangkan aku nggak dikasih tester.

Selanjutnya giliran chef Dimas yang berbagi cerita tentang gastronomy dan juga mengenai karirnya yang berawal dari jualan kopi, kue, dan sekarang udah “masuk” dapur yang bukan dapur rekaman. Sebelumnya chef Dimas cenderung suka pada makanan western, tapi karena banyak ragam makanan dari nusantara akhirnya masuk ke jalur lain untuk menekuni bidang masakan dalam negeri. Sampai akhirnya dia memutuskan membuat akun Instagram napakrasa yang berisikan dokumentasi sang traveling chef. Pada akunnya juga terdapat foto do’i yang lagi berkelana ke pedalaman Baduy untuk mendalami food and culture di sana. Seru. Jadi pengen ikutan makan di sana.

Aku ngerasa dapet banyak ilmu dari Trivia Club kali ini. Sepulang acara ini, aku jadi makin pilih-pilih makanan. Aku cuma mau makan makanan khas Indonesia, seblak. Canda. Kegiatan Trivia Club dari House The House ini sebagai penanda road to Keuken #7 yang bakal digelar di Teras Cikapundung pada tanggal 21 Agustus nanti. Jangan sampai ketinggalan, ya! Aku mah udah nggak sabar sama food festival tahunan ini. Hehe.

Comments are closed.