Press "Enter" to skip to content

Kolaborasi Desainer Inggris dan Komunitas Bandung di DesignAction.bdg

Kalau denger kabar tentang kolaborasi apik Makan Konate dan Atep di Persib udah biasa kali ya, hampir setiap hari media lokal memberitakannya. Tapi kalau kolaborasi komunitas di luar Indonesia dan komunitas lokal Bandung, kayaknya nggak sering kita denger. Tau nggak, sekarang ini ada bule yang lagi menjalin kerja sama di Bandung? Nggak tau? Kemana aja atuh, nggak pernah main ke ROI, sih!

British Council dan DesignAction.bdg saat ini lagi bekolaborasi, lho. Mongomong, British Council itu merupakan organisasi internasional Inggris untuk kesempatan pendidikan dan hubungan budaya, dan memberi kesempatan kepada seorang desainer Inggris, Sarah Colson. Saya panggil Sarah aja, ya, biar jadi sayang. Nah, kalau DesignAction.bdg (DA.bdg) adalah workshop-konferensi taraf internasional dalam hal design thinking untuk menemukan solusi inovatif isu-isu perkotaan, melibatkan semua warga kreatif Bandung, dari mulai Kang Emil sampai kang ledeng.

Sarah lagi menjalani sebuah program residensi desain di Bandung Wetan, berlangsung selama empat minggu (10 Oktober-12 November 2014) di bawah kemitraan dengan Bandung Creative City Forum (BCCF). Melalui program residensi ini, Sarah berkolaborasi dengan komunitas lokal untuk membangun cerita melalui tempat, ruang dan identitas budaya, serta terlibat dengan masyarakat di Bandung Wetan melalui lokakarya. Di hasil akhirnya nanti, Sarah bikin karya akhir yang nantinya bakal dipamerkan di DesignAction.bdg, 10-12 November 2014. Hore, pameran!

Buat masyarakat biasa kayak kita mah program ini teh apa yah, nggak begitu ngerti. “Program residensi ini merupakan sebuah kesempatan besar untuk menghubungkan kota dan masyarakat Bandung yang kreatif dengan komunitas desain Inggris, selain itu juga untuk memperkuat hubungan seni dan industri kreatif antara Indonesia dan Inggris,” kata Evonne Mackenzie, Director Arts British Council Indonesia, dalam siaran pers.

Bukan kali ini aja Britis Council melakukan kerja sama dengan komunitas Bandung. Tahun 2013 lalu, mereka juga bekerja sama dengan BCCF. Tahun segitu mah, Makan Konate masih di Barito Putera. Maapin garing. Eh buat kamu-kamu yang penasaran dan pengen liat langsung program kolaborasi seru ini, sok temuin Sarah di Bandung Wetan. Cari aja sok ubek daerah situ, kalau jodoh mah da pasti ketemu.

 

Twitter : @idbritish | @DesignActionBDG

Web : britishcouncil.orgbritishcouncil.or.id | dabdg.bccf-bdg.com

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *