Press "Enter" to skip to content

“KEUKEN”, Merespons Kebutuhan Ruang Publik melalui Kuliner

One of the biggest food festival in town! Yes, please welcome KEUKEN. Eeeeehhh bentar, kalian udah pada tau belum, siapa orang-orang di balik kegiatan ini? Apa aja yang mereka hadirkan di KEUKEN? Lalu, tujuannya buat apa KEUKEN ini diadakan? Yang pasti acara ini bukan sekadar makan-makan biasa!

House The House (HTH), inilah orang-orang yang ada di balik semua acara KEUKEN. Sekumpulan muda-mudi kreatif Bandung yang sangat membutuhkan public space, karena tahun 2011 lalu belum ada namanya taman-taman kayak sekarang. Maka dari itu, mereka kepikiran untuk “berdemo” dengan cara yang cerdik, yaitu bikin event KEUKEN. Kamu penasaran segimana kreatifnya HTH, yaudah, cek website mereka aja di www.housethehouse.com atau cek interview ROI! dan HTH di sini.

KEUKEN sendiri diambil dari Bahasa Belanda yang berarti “dapur”. Nah, makanya KEUKEN punya slogan “Reclaim the street, EAT!”, karena mereka menyulap sebuah ruang publik untuk dijadikan dapurnya KEUKEN dan dikemas seperti festival jalanan. Jangan takut kalau kalian nggak bisa dateng, karena KEUKEN ini dibuka untuk semua. Semua orang bisa ikutan dan bergabung di kegiatan ini.

Kegiatan ini diadakan setiap tahun di Bandung dan kalian nggak usah ragu dengan kualitas makanan yang disajikan di KEUKEN, karena semua kuliner yang ada sudah terkurasi dan dijamin, enak! Iya, KEUKEN itu hanya mengundang food tenants yang spesial-spesial aja dan memiliki tema kuliner yang unik dan pastinya beda dari yang lain.

IMG_1151

Kenapa, sih, mesti makan-makan? Ya, kalau di Bandung itu mau bahagia gampang banget! Cukup dengan makanan enak, tempat duduk yang nyaman, dan temen-temen yang asik. Udah gitu aja, udah bikin bahagia. Dengan makanan, KEUKEN berusaha untuk mendapatkan cara, bagaimana masyarakat kota lebih intim komunikasinya dengan kotanya sendiri, selain juga karena merespon kebutuhan akan ruang publik di Kota Bandung.

Kamu pengen KEUKEN ada di mall? Nggak akan ada, tuh, ceritanya KEUKEN di mall. Hal itu dikarenakan tujuan awalnya memang untuk merespon kebutuhan ruang publik, yang biasanya dilakukan di outdoor. Pemilihan lokasi KEUKEN pun terbilang cukup unik dibanding festival kuliner yang lainnya. Mari kita runut kembali dari yang paling awal, ya!

KEUKEN #1 dengan tema “The Magnificent Cow Barn” pada bulan Juli 2011, mengambil tempat di Jalan Cikapundung Barat. KEUKEN #2 dengan tema “The Flavorsome Intimacy” pada bulan Februari 2012, bertempat di Jalan Saparua. KEUKEN #3 dengan tema “The Athlete’s Feast” pada bulan September 2012, bertempat di Lapangan Lodaya. KEUKEN #4 dengan tema “The Jolly Camaraderie“, bertempat di Gudang Kereta Api Cikudapateuh. KEUKEN #5 dengan tema “The City Hall Fairground”, bertempat di Balaikota Bandung. Dan gelaran mereka yang terakhir yaitu KEUKEN #6 dengan tema “Taste in Transit”, yang digelar di Apron Bandara Husein Sastranegara.

Jika dilihat secara keseluruhan, dimulai dari KEUKEN #1 sampai dengan KEUKEN #6, semua memiliki tema yang berbeda dan juga pengondisian suasana nyaman yang dilakukan saat kegiatan berlangsung pun sangat terasa. Oleh karena itu, festival kuliner ini nggak pernah membosankan dari tahun ke tahunnya. Bahkan, pengunjungnya terus bertambah, peak-nya hingga mencapai 18,000 pengunjung. Gila! Emang ya, kalau udah masalah kuliner, udah paling jagoan banget deh acara ini!

IMG_8244

Nggak hanya itu, KEUKEN selalu menggunakan semua sumber daya anak muda yang ada di Kota Bandung dalam melangsungkan kegiatannya. Contohnya, dalam Community Engagement, di sini KEUKEN mengajak komunitas Bandung yang berkaitan dengan lokasi acara untuk berpartisipasi langsung meramaikan.  KEUKEN sering melakukan kerja sama dalam pelaksanaannya, ada Teater Epik, Rumah Cemara, Komunitas Lubang Jarum, KODAM Siliwangi, dan masih banyak lagi. KEUKEN berusaha menyatukan segala lapisan masyarakat agar acara ini terasa sangat membaur dengan Kota Bandung, nggak hanya mengutamakan salah satu bidang aja.

KEUKEN nggak hanya tempat untuk berkumpulnya para tenants yang sekadar berjualan. Lebih dari itu, melalui acara ini penyelenggara berharap dapat membangun koneksi antar sesama pelaku kuliner dan juga dengan komunitas yang ada di Kota Bandung. Umumnya adalah menyatukan seluruh masyarakat kota untuk dapat bersuka cita seharian penuh bersama sahabat dan keluarga. Hmm soswit.

Lalu, kalian pasti nggak sabar kan buat dateng ke KEUKEN edisi selanjutnya? Yaudah, update aja terus informasi kalian di sini. Ya, di-bookmark dulu aja, gih!

____________________________________

Twitter : @KeukenBdg | @HTHstudio

Web : keukenbdg.com | housethehouse.com

Comments are closed.