Press "Enter" to skip to content

Kerupuk Aci, Sosok yang Terlupakan Saat Agustusan

Sore itu saya mendapatkan tugas untuk mewawancarai Kang Aci. Gegedug kurupuk di wilayah Buah Batu. Kang Aci ini sudah lama hidup di warung A Usep, di pinggiran Jalan Buah Batu dekat perempatan Soekarno-Hatta x Terusan Buah Batu. Di rumahnya yang sederhana, berjendela satu, bercat biru, bertuliskan HARAPAN, ia sedang termenung sembari berpuisi.

Rumah Kang Aci
Rumah Kang Aci

Oh, Neng Emih, eneng teu hapal,

Melalui relung-relung tubuh Akang,

Akang selalu mengingat eneng di kapal,

Semoga suatu saat, eneng mau lagi menemui Akang

Wah, jujur saya nggak mengerti apa maksud puisi beliau, tapi sepertinya beliau matanya berbinar-binar sembari menggaruki relung-relung tubuhnya. Sambil melihat asap kotor jalanan dan ributnya klakson kendaraan orang-orang yang nggak sabar.

Dengan perlahan saya ketuk rumah Kang Aci, dan saya buka tutup rumahnya pelan-pelan *tok-tok-tok, grakk*

Saya (S): Punten Kang Aci saya Bima dari ROI, kumaha damang?

Kang Aci (KA): eh iyah, punten nya jang, tadi Akang sedang berpuisi. Alhamdulillah ieuAkang sehat-sehat saja, biasa weh kurupuk mah osok keanginan jadi melempem.

S: Jadi kesibukan Akang sekarang apa aja?

KA: ah, saya mah, ya, gini-gini ajah, mereun udah melempem, jadi nggak ada yang mau ambil ha ha ha.

S: Oh gitu,Kang? Atuh biasanya mah ada aja da yang suka yang melempem teh, dicelupkeun ke emih rebus.

KA: iya, sih, mereun teu acan we saya mah.

S: Belakangan ini, kurupuk aci seperti Akang teh sepertinya sudah mulai nggak populer, ya,Kang ?

KA: iya euy, saya ge kecewa, sekarang mah makan emih ge sok marake anu baruleud jiga tuyul, naon teh, pilus?

Kacang Pilus
Kacang Pilus

S: Iya pilus, Kang. Jadi menurut Akang, pilus kudu dikumahakeun?

KA: yah, nggak perlu digimana-gimanain, saya mah cuma ingin mengingatkan, bahwa kurupuk aci adalah jiwa dari kuliner Indonesia, tepatna kuliner Susundaan, da ngeunah kami teh da, bebas MSA deui.

S: MSA?

KA: eta penyedap rasa tea gening.

S: oh, itu mah MSG,Kang.

KA: tah, iya MSG.

ini MSG
ini MSG

S: Oh, gitu yah,Kang? Ieu Kang, mumpung lagi ngomong ingat-mengingatkan, saya teh kebetulan kudu ngewawancara Akang berkaitan dengan 17-an, kumaha bareto 17-an menurut Akang?

KA: tah euy, ieu ge saya kecewa. Bareto mah saya teh sering jadi komoditas utama lomba. Apal mereun kan, yah, 17-an lomba makan kurupuk? Ayeuna mah asa tara ningal.

S: Iya, sih, bener oge, menurut Akang gara-gara apa, sih? Gara-gara pilus oge teu?

KA: Nya baleg we gara-gara pilus mah. Maenya pilus digantungkeun dina rapia tuluy kudu didahar? Nya nteu lah. Kalau kata Akang mah, ayeuna teh pemuda banyak anu cuek, nggak peduli tradisi.

S: Oh gitu, menurut Akang tradisi 17-an harus dipertahankan? Kalau saya lihat mah, tradisi 17-an teh banyak yang aneh, dan nggak merepresentasikan orang Indonesia yang mau maju gitu. Semacam “rek dahar kurupuk wae kudu loncat-loncat, meuni harese

KA: eits, teu meunang kitu. Ieu tradisi anu kudu dipelihara. Ceuk kamu mah gitu, soalnya pikiran kamu udah barat banget. Jadi mengikuti logika saja. Paling gampang atawa instan berarti paling bener. Occam’s Razor cenah mah.

S: (edan kieu kurupuk kuat ka apal Occam’s Razor???) ooh gitu nya,Kang.. jadi menurut Akang kumaha atuh sabenerna makna lomba kurupuk?

KA: Lomba kurupuk teh makna-na kieu. Manusia nggak selamanya bisa berjuang dengan segala kelebihan yang dimilikinya, suatu saat kelebihan eta teh bisa wae diambil ku Gusti Allah. Eta dilambangkeun make tangan diiket. Eta nu kahiji. Anu kadua, manusia nggak selamanya dibere ujian anu gampang ku Allah. Kadang-kadang mah aya wae nu hese, nu pikaceurikeun pisan. Eta digambarkeun dina kumaha kurupuk digantung di luhur, lain di piring, ameh hese, lain ngagampangkeun. Matak nu ngaran na jelema, kudu boga persiapan  keur kelebihan anu diambil ku Allah, jeung ujian anu hese anu diberekeun ku Allah. Tah kitu.

S: Subhanallah, saya teu nyangka ternyata bisa sedalam ini makna dari lomba kurupuk. Jadi menurut Akang, lomba-lomba 17-an lain kumaha?

KA: nya sarua kitu oge. Intinamah membatasi diri, jeung menaikkan batas diri untuk menerima ujian. Kabeh ge kitu. Panjat pinang, lomba kelereng, balap karung, asa teu paruguh pan? Tapi nya eta, kudu diambil makna na.

S: Ooh.. Okelah Kang ari kitu mah, saya sudah dapat jawaban yang cukup memuaskan dari Akang, hatur nuhun pisan Kang!

KA: sami-sami.

S: oh iyah, tapi Akang sadar kalau Akang kurupuk?

KA: iyah.

S: Oh syukur ari kitu mah Kang, hatur nuhun deui.

KA: sami-sami cep, kade di jalan nyak.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *