Press "Enter" to skip to content

Kehidupan Sehari-hari yang Tergambar Lewat “Outline”

Yang namanya hidup itu nggak pasti. Kadang di atas, kadang di bawah. Kadang susah, kadang seneng. Sok nyieun rudet lah. Kenapa begitu? Ya, coba aja terapin hidup kalian dengan lirik lagu Kera Sakti. Mangga. Tapi, ya, bagaimanapun itu, di zaman sekarang semua bisa dibagi dan dinikmati bersama. Padahal kalau diminta minumnya suka kerung.

Buat sebagian orang, semua yang dilalui sehari-hari tentu bersifat personal dan private. Tapi buat yang lain, belum tentu bisa. Pelampiasan harus ada. Maka dari itu, hadir Outline – Indonesia Drawing Festival, sebuah pameran karya seni rupa yang digagas oleh Artmadilaga, tentang “pelampiasan” akan kehidupan sehari-hari. Ya, yang saya tangkep, sih, gitu. Nggak cuma apa yang dirasa, yang dilihat juga termasuk menjadi input di dalamnya.

Nampaknya, gambaran tentang hipsters.
Nampaknya, gambaran tentang hipsters.

Outline yang dibuka sekitar jam 7 malam pada Sabtu (31/10) kemarin, bertempat di Gedung Indonesia Menggugat tersebut menghadirkan 200 karya gambar yang pada proses kurasinya dibuat sangat transparan, dengan melibatkan masyarakat umum sampai komunitas khusus. Coba aja, semua hal jadi transparan. Heu. Dan pada malam pembukaannya, nggak cuma pameran doang, di sana juga ada sesi live drawing gitu dari Impuls di halaman luar gedung dan mengajak beberapa tamu yang hadir untuk ikut serta di dalamnya. Saya juga ngajak si do’i. Nggak mau kalah. Lalu, ada juga penukaran buku menjadi ilustrasi wajah yang dibikin sama Komunitas Lemari Buku Buku. Enak.

Mau ikutan tapi sadar nggak bisa gambar...
Mau ikutan tapi sadar nggak bisa gambar…

Outline – Indonesia Drawing Festival ini bakal diadain sampai tanggal 8 November 2015 mendatang, serta ada agenda menarik juga di tanggal 1 Oktober. ada workshop Rorschach buat anak-anak SD secara gratis dan juga acara menggambar bersama Komunitas Pena Hitam Bandung, gratis juga. Enak deh, pokoknya. Dateng aja. Nggak akan nyesel. Tapi, bakalan nyesel, sih, kalau kelewatan agenda di atas. Hehe.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *