Press "Enter" to skip to content

“Kami Punya Cerita”, Refleksi Kehidupan Sehari-hari

Selasa malem kemarin (11/3) Institut Francais Indonesia (IFI) lagi diramein sama opening-nya pameran foto dari temen-temen Kami Punya Cerita. Pembukaan pameran kemaren, diramein sama Ukeba yang selalu tampil dengan membawa pesan untuk memasyarakatkan ukulele, juga Elano & Fierza Beatbox yang asik banget! Oh iya, pameran ini juga merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Bandung Photo Showcase, nih, infonya disini ya.

Pameran foto karya dari 10 angkatan kelas Kami Punya Cerita ini ada 46 peserta! Edan euy, banyak juga ya! Kalau kata Arum Tresnaningtyas Dayuputri sebagai pendiri juga mentor di kelas ini, “Fotografi untuk semua, dimana semua orang bisa berbagi cerita dengan fotografi dan juga bisa dinikmati semua orang.” Iya, mbak Arum! Saya setuju sekali banget, kita bisa bagi-bagi cerita lewat rekaman beku peristiwa, aeeeeh!

keramaian pameran sambil ngupi, teh, dan juga sambil diskusi kecil
keramaian pameran sambil ngupi, teh, dan juga sambil diskusi kecil

Nah, dari 46 peserta tersebut, masing-masing peserta menampilkan 5 foto hasil karyanya yang masing-masing memiliki ceritanya. Ya, namanya juga kami punya cerita. Setelah dihitung-hitung ya, nih, aku mah niat ngitung, jumlah fotonya ada sekitar 230-an. Buanya’ . Foto-foto yang ada disini tuh, berhasil bikin cenga, senyum, kaget, dan kagum juga. Beberapa foto juga bikin kita tebak-tebakan, ini maksudnya apa kenapa bagaimana. Pokoknya, tiap foto pasti ada maknanya masing-masing, tergantung hati kamu aja.

Pengen sekali ngutip kata-kata dari Ng Swan Ti, sang fotogafer yang juga sekaligus pengurus Pannafoto Institute. “Di dalam proyek ini Arum bersama murid-muridnya menjadikan fotografi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Memilih peristiwa atau cerita menarik, merekamnya dalam karya foto.” Serunya lagi nih ya, karya foto yang bercerita itu, mereka bagiin ke dalam bentuk sebuah buku. Langsung di launchingkeun! Serbu!

hmm, aya naon nya eta
hmm, aya naon nya eta

Pokoknya buat kalian yang belum dateng, kalian harus liat nih! Karena pameran ini bakal mejeng di IFI sampai tanggal 17 Maret nanti. Nah, kalau buat kalian yang kepo nih sama cerita-cerita di balik foto tersebut, kalian bisa dateng di tanggal 16 Maret, soalnya para peserta bakalan berbagi cerita disana. Siapa tau kan jadi ingin berkarya juga hehe. Yuk, mari berkarya!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *