Press "Enter" to skip to content

Irama Anak TanahAir Membebaskan Anak-Anak “Bermain Bola”

Bagi anak-anak yang masih mengenyam pendidikan sekolah dasar, bersenang-senang selepas bubaran sekolah adalah hal yang asyik. Hak mereka untuk menikmati masa kecil dengan cara apa pun yang disuka. Tak terkecuali bermain bola. Bagi mereka-mereka yang menganggap hal ini sudah hilang di kehidupan masyarakat dengan mengetik “let’s confuse kids nowadays” di Twitter, jelas mereka tinggal di kawasan yang kurang dalem. Toh, kebiasaan ini masih ada, di Kota Bandung sekalipun.

Itu yang coba digambarkan oleh kawan-kawan Irama Anak TanahAir, sebuah program yang digagas oleh Yaya Risbaya dan Dwi Yudhaswara dengan tujuan menularkan semangat berkarya kepada anak-anak di berbagai daerah di Indonesia. Tahun ini adalah tahun kedua mereka giat menyebarkan semangat. Kini, Irama Anak TanahAir berkolaborasi dengan Ruang Delapan (Rupan) dan Semi Palar merilis sebuah lagu anak berjudul “Bermain Bola“. Oke juga, sih, soalnya kalau judulnya bermain futsal agak kurang membumi gitu.

Bermain Bola” menceritakan keseharian anak-anak pinggiran kota dalam menghabiskan waktu sore di antara hiruk pikuk perkotaan. Seperti yang kita tau, di sekitar gedung-gedung tinggi di Kota Bandung ini masih ada permukiman sederhana yang (masih) memiliki sebidang lapang, tempat di mana kehidupan bertetangga berpusat dan anak-anak bermain. Proses penciptaan single kolaborasi ini memakan waktu selama 6 bulan. Tahun ini, suara manis anak-anak ini direncanakan akan dikemas dalam sebuah album. Manis sekali. Kami tiba-tiba ingat Jojo dan Jeje. Jangan e jangan~

Selain bisa didengarkan melalui laman Soundcloud, kamu juga bisa dengar dan tonton di YouTube mereka. Dalam klip video yang dibuat, Irama Anak TanahAir mengambil latar pemandangan sore hari di pelataran Jalan Taman Hewan, Coblong, Bandung. Tampak anak perempuan pun ikut bermain. Ronaldowati, is that you?! Walaupun di antara mereka nggak ada Ronaldowati, setiap anak berhak memiliki waktu bermainnya sendiri. Karena bisa jadi, main-mainnya itu berbuah karya yang bisa kita semua nikmati.

Song writer: Nabila Putri Ramadhani, Lala Suci Maharani, Nathan Juaniar Ananta, Sahindah Arina Sahid, Cecep Rama Putra Agustin, Farhan Alhafiz.

E-mail: iramaanaktanahair@gmail.com

Instagram: instagram.com/iramaanak

Soundcloud: soundcloud.com/iramaanaktanahair

Comments are closed.