Press "Enter" to skip to content

Interstellar (2014): Karya Brilian Christopher Nolan!

Bumi sedang sekarat dan nggak bisa memenuhi kebutuhan manusia untuk tetap bertahan hidup. Manusia kesulitan untuk mendapat bahan makanan karena kondisi alam yang berubah begitu drastis. Melihat hal itu, Cooper (Matthew McConaughey) yang merupakan mantan pilot ini mengkhawatirkan umur bumi yang nggak lama lagi akan segera mati. Di suatu pagi, Murph, anak bungsu Cooper bercerita kejadian aneh dikamarny. Akhir-akhir ini, Murph bersikeras bahwa ada hantu yang sedang menggangu dikamarnya. Namun apa yang ditemukan Cooper dan Murph setelah memeriksa kejadian aneh tersebut adalah sebuah koordinat yang mengantarkan mereka ke markas rahasia NASA.

NASA yang sudah lama dibubarkan karena nggak punya dana di tengah krisis pangan dunia, diam-diam membangun sebuah stasiun luar angkasa untuk rencana besar penyelamatan dunia. Di markas itulah Cooper bertemu dengan Prof. Brand (Michael Caine) dan anaknya Amelia (Anne Hathaway). Brand kemudian mencoba meyakinkan Cooper untuk menjadi pilot pesawat luar angkasa pada misi ini dan membawa sebuah tim ekspedisi melakukan perjalanan antar galaksi untuk mencari ‘bumi’ yang baru.

Menyenangkan sekali untuk kembali menonton karya salah satu sineas terbaik abad ini, Christopher Nolan. Saya merupakan salah satu fans dari hampir semua film karya Nolan. Ekspektasi saya tidak pernah dikecewakan saat menonton karya doi. Begitu juga di film ini, hampir dua jam setengah Nolan menceritakan konsep ‘Space Odyssey’ miliknya tanpa sedikit pun bikin kalian bosan. Nolan menerjemahkan semua konsepnya secara detail dan efisien, dia nggak butuh drama yang lebay dan nggak penting. Bahkan dia nggak perlu menceritakan detail apa yang terjadi sebenarnya dengan bumi. Tapi hal itu nggak lantas membuat kita mempertanyakan detail yang tidak penting.

FYI, film sci-fi yang syarat dengan theoritical physics ini disampaikan dengan begitu ‘lembut’ supaya kamu-kamunya nggak kaget-kaget amat. Begitu indahnya penuturan cerita film ini, saya mengerti betul sekarang bagaimana cara kerja Nolan menerjemahkan konsep yang begitu rumit menjadi sebuah melodi yang indah (lebay siah! Iya maap~).

Selain itu, Nolan melakukan riset yang begitu dalam sebelum menerjemahkan konsepnya menjadi sebuah visual yang indah. Nolan menghubungi Kip Thorne, salah seorang theoritical physicist yang kemudian menjadi konsultan di film ini. Thorne pula yang memberi masukan visual sebuah black hole yang paling mendekati kenyataan berdasarkan hitung-hitungan matematika yang dia kerjakan seumur hidupnya. Kalian akan benar-benar dimanjakan visual yang Nolan sajikan di film ini, apalagi pas bagian total silence saat Cooper dan tim baru saja meninggakan bumi. Film ini adalah hasil karya Einstein, sebuah ilmu pengetahuan yang murni dengan sentuhan surealis Salvador Dali, Grande!

Tapi tenang, jika kalian khawatir film ini begitu serius, humor pintar disajikan Nolan lewat robot automatis bernama TARS dan CASE. OH! desain dari robot ini juga sebuah hasil dari kejeniusan Nolan! Ah sebelum saya makin lebay dan oversell film ini, saya rekomendasikan kalian segera menonton film ini karena saya berani menobatkan film ini sebagai film terbaik tahun ini. 2 and a half hour full of jaw dropping and mind blowing, that is Christopher Nolan Ladies and Gentlemen. Interstellar, intergalactic journey to find a new home is worth!!!

 

Sutradara : Christopher Nolan
Penulis : Christopher Nolan, Jonathan Nolan
Durasi : 169 Menit
Genre : Adventure, Sci-fi
Pemeran : Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Michael Caine

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *