Press "Enter" to skip to content

“Herbcik”, Lebih dari Sekadar Menu Suka-Suka

TGIF! Hari Jumat udah jadi hari baru yang aku tunggu-tunggu. Mungkin banget kamu baca tulisan ini bukan di hari Jumat. Hehe, bae lah. Yang aku tunggu, adalah sarapan di Herbcik! Bertempat di daerah Ciburial, dari Selasar Sunaryo keataaas lagi, di daerah pertanian. Untuk makan disini kamu harus booking tempat dulu, ke Kang Asep, salah satu pemilik lahan tani dari sekian banyak petani yang ada di sana. Ulin kali ini memang segmented, kamu bisa mau, bisa nggak. Sedikitnya, aku pikir ini info yang bagus untuk kita tau. Hehe.

Herbcik adalah usaha tani organik produktif yang digagas oleh Kang Asep dan tim dengan bantuan temen-temen CreativeNet dalam mewujudkan usaha rintisan ini. Alhasil Herbcik bisa menghasilkan komoditas sayuran organik yang dijual bebas di Pasar Kecil mereka, sebuah tajuk event dagang yang mereka gelar ketika waktunya tepat. Selain itu, di sini juga kita bisa booking dine-in di lahan taninya, tinggal japri lewat akun instagram Herbcik yang tertera di akhir tulisan.

Eh, tapi menunya suka-suka mereka, jadi, menu yang dibuat disesuaikan dengan panen mereka di hari itu juga. Sekali booking seharga 50 ribu per-orang, kamu udah dapet appetizer, main course, dan desert yang dimasakin sama Kang Asep, sekaligus yang nanemnya juga. Keberuntunganku hari itu adalah, menyantap salad dengan dressing mayo susu kedelai dan biji bunga matahari, ayam panggang dan nasi hitam, roti apel ketan hitam dengan puree mangga dan pepaya, dengan minumnya teh herbal rosemary dan mint. Enak!

Kalau kamu pengen ke sana, biar gampang nemuin tempat yang nggak ber-plang ini, sehabis booking, simpen nomor Kang Asep baik-baik, terus telepon untuk minta tunjukin jalan. Atau bisi nggak ada sinyal kayak waktu aku ke sana, kamu bisa lihat ada saung yang dirambatin tanaman di jalan tanjakan itu artinya kamu beruntung, selamat.

Herbcik, fyuh, lebih dari sekadar menu suka-suka, mereka punya itikad untuk memperluas garapan mereka ke yang lebih holistik, yaitu pertanian berkelanjutan dengan melibatkan peternakan dan perikanan, sistem pembuangan dan pemanfaatan limbah, dan banyak lainnya. Biar kamu sehat, makan makanan yang bener, hidupnya bener. Amin. Lebihnya, itikad ini bukan sesuatu yang terlalu muluk buat mereka.

Dari sekarang, tim mereka udah punya spesialis bidang, salah satunya perancang lahan tani, yang pasti mikirin gimana caranya lahan mereka tetep bebas pestisida berbahaya sekaligus meminimalisir hama. Dedeuh bapa. Mereka adalah para petani konvensional yang siap berubah, dan sudah bekerja lebih keras sejak dini! Haha hayu lah, kita juga ubah yuk. Biar berkesinambungan.

                                                                           

Herbcik

Dago atas, Ciburial

Open Daily: 8am – 9pm

Email: asep.herbcik@gmail.com

Instagram: instagram.com/herbcik | instagram.com/creativenet.bdg

Website: www.tepian.farm

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *