Press "Enter" to skip to content

Hamparan Imajinasi dalam Pameran “OBSERVE”

Visual Art Exhibition. Ya, itulah tema yang diusung dalam pameran bikinan mahasiswa-mahasiswa Jurusan Seni Rupa Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Pamerannya bertajuk OBSERVE. Bertempat di Galeri 212, Jalan Buahbatu No. 212, pameran ini dibuka oleh para dosen yang pastinya bikin pameran ini bukan ajang kreativitas semata. Mungkin juga jadi ajang ngejar IPK.

Konteks wacana dalam pameran ini yakni bagaimana proses si “aku” (mahasiswa) dalam ruang lingkup seni yang bersentuhan langsung dengan wacana akademik secara luas, bagaimana bahasa seni rupa sanggup mendistribusikan ide-ide dan berbagai isu yang terus mengalir sejalan dengan perkembangan waktu.

Para seniman yang merupakan mahasiswa di sini pastinya punya ungkapan tersendiri untuk mencurahkan ide dan gagasan mereka dalam berkarya. Nggak ada satu pun yang sama, karena sifatnya otonom yang bebas menggali imajinasi mereka sendiri untuk dibawa dan berkelana dalam kancah seni rupa yang “hingar-bingar” di luar sana. Yang sama mah harga kurupuk blek, di mana-mana gopean.

Rame juga neeeh yang dateng.
Rame juga neeeh yang dateng.

Yang menjadi daya tarik pameran ini adalah bagaimana proses kreatif mempengaruhi berbagai aspek kontemporer (desain grafis, pentas juga foto) dalam menyikapi peristiwa keseharian mereka dan emosional individu yang erat kaitannya dengan mengkonstruksi proses identifikasi. Sama kayak tema pameran OBSERVE kali ini.

Mereka mencoba menakar dan juga menghitung konsepsi tentang seni dengan cara mengkalkulasikannya untuk mencapai pemahaman apa itu seni dan kesadaran intelektualnya sebagai mahasiswa. Ya, kesadaran intelektual itu pastinya biar mudah dipahami bersama sebagai instrumen kenikmatan, bukan kegilaan yang destruktif, keluar dari ranah akademik.

er
Es krim ilusi~

Pameran OBSERVE ini seenggaknya menjadi tanda dalam helatan di ruang pamer emang semestinya menjadi ajang pencarian untuk menemukan apa yang mereka cari, hingga mengukuhkan jejak-jejak visual sebagai eksistensi tindakan dalam mewujudkan objek-objek yang meruang. Buat yang penasaran pengen liat langsung karya-karya dari para mahasiswa ISBI, bisa segera dateng ke Galeri 212, tempatnya di dalem kampus, kok. Dan rencananya pameran ini akan berlangsung sampai tanggal 29 Januari 2015 nanti. Jadi, tunggu apa lagi!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *