Press "Enter" to skip to content

Guardians Of the Galaxy Bagian 1 : Memperkenalkan Musuh Baru The Avengers

Peter Quill berada di fase paling pahit dalam hidupnya saat harus kehilangan ibunya karena sakit kanker. Nggak siap menerima kenyataan, Peter kecil berlari keluar dari rumah sakit membawa walkman dan mixtape pemberian ibunya. Siapa yang menyangka Peter yang masih shock, harus diculik oleh sebuah pesawat ruang angkasa.

26 tahun kemudian Peter dewasa (Chris Patt) sekarang dikenal sebagai Star Lord  sedang mencari sebuah orb misterius di planet Morag. Peter yang sama sekali tidak tahu tentang apa yang akan dia hadapi harus terjebak dalam perebutan Orb melawan Ronan The Accuser (Lee Pace). Ronan adalah ras bangsa Kree yang tunduk pada perintah Thanos, kemudian memerintahkan Gamora (Zoe Saldana) untuk merebut Orb tersebut dari tangan Peter. Gamora yang sedang memburu Peter bertemu dengan Rocket Racoon (Bradley Cooper) dan Groot (Vin Diesel), bounty hunter yang juga sedang memburu Peter untuk sejumlah imbalan. Kekacauan ini membawa mereka bertemu dengan Drax (Batista) yang mempunyai dendam pada Ronan (damn that was some intense background story). Pertemuan yang penuh kejanggalan ini melahirkan badass space gang yang disebut Guardians of the Galaxy.

Saat mendengar Marvel akan merilis film ini, jujur saya sama sekali nggak punya background story tentang Guardians of the Galaxy (GOTG) dan saat menonton, espektasi saya set di angka nol. Hasilnya? yeah, yeah baby ! Marvel sukses mengemas satu lagi film superhero nya dengan sajian humor yang segar, action yang keren dan cerita yang (akan menjadi) dalam. Saya berusaha mencari kata yang pas untuk sajian humor GOTG dan saya rasa jika kalian adalah fanboy One Piece, kalian akan sangat akrab dengan humor jenis ini. James Gunn dengan pintar menyelipkan humor-humor segar berupa celetukan, dialog atau gestur yang sangat khas diantara intense nya action dari film ini.

GOTG memang bukan cerita besar seperti Iron Man atau The Avengers tapi Marvel menyajikan film ini dengan sangat apik. GOTG seolah sebuah alternatif sajian lain yang disuguhkan Marvel untuk penggemarnya ditengah upaya Marvel membangun sebuah universe besar dengan cerita Avengers-nya. Sebelum menonton saya merasa GOTG ini tidak akan menjadi bagian penting dari Marvel Universe. Tapi dengan set skill yang terlatih memperhatikan detail di film-film Marvel (#humblebrag), GOTG adalah prolog untuk mengenalkan villain terkuat dalam Marvel Universe, Thanos dan Infinity Gauntlet-nya pada film Avengers berikutnya.

Ok, jadi siapa itu Thanos? Thanos adalah supervillain antar galaksi yang mempunyai ambisi menguasai seluruh jagad raya. Dalam tujuannya itu, Thanos berupaya mengumpulkan Infinity Stones yang tersebar diseluruh jagad raya. Masing-masing Infinity Stones mempunyai kekuatan yang spesifik. Infinity Stones mempunyai kemampuan mengontrol pikiran, power, realita, jiwa, ruang dan waktu. Dengan Infinity Stones ini, Thanos ingin menciptakan Infinity Gauntlet yang tidak terkalahkan sejagad raya.

How this is relevant with Marvel Universe? Kita semua tahu, saat kita menonton film Marvel, kita tidak akan meninggalkan bioskop demi menonton after credit scene yang selalu memberikan teaser film berikutnya atau potongan cerita besar dari Marvel Universe. Di film Avengers pertama, Marvel memberikan bocoran villain avengers di film selanjutnya dengan tampilnya Thanos di after credit scene. Semenjak avengers, semua film marvel universe adalah puzzle penting untuk menyusun film avengers berikutnya (wicked right?).

Jika kita kaji lebih dalam, Tesseract yang menjadi issue utama di film Avengers adalah salah satu Infitinty Stones. Whoaa whoaa is this escalated so quickly? No. Infinity Stones berikutnya hadir di film Thor: The Dark World dengan nama Aether. Lalu infinity stones yang paling baru hadir dalam film GOTG yang sedang kita bahas. Oh satu hal lagi, walaupun ini masih menjadi perdebatan fanboy, Loki Chitauri Staff (avengers) dipercaya sebagai salah satu infinity stones.

Dan inilah saudara-saudara, upaya terakhir Marvel untuk menguasai dunia lewat Marvel Universe Cinematics nya. Guardians of the Galaxy, surprisingly brilliant ! Top class humor and lovely action. Dengan infinity stones sebagai backstory yang menjadi prolog pengenalan Thanos di Avengers berikutnya, Guardians of the Galaxy pantas dapat nilai Indeks Prestasi Keren (IPK) 8!

Oh ! satu hal lagi !

I AM GROOOOOT !!!

 

 

Judul : Guardians of the Galaxy (2014)

Sutradara : James Gunn

Penulis Cerita : James Gunn & Nicole Perlman

Durasi : 122 menit

Genre : Action, Adventure, Comedy

Pemeran : Chris Pratt, Zoe Saldana, Vin Diesel, Dave Bautista

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *