Press "Enter" to skip to content

Goyang di Hari Minggu Bareng “Konferensi Orkes Indonesia”

Keseruan akhir pekan kemarin bikin hatiku gembira kayak boneka India, dan seperti biasa aku bakalan berbagi keseruan sama kalian, nih, warga kreatif! Walaupun sekarang cuaca Bandung sedang tidak menentu, kayak hati kalian yang udah mau wisuda tapi belum punya pendamping. Hehe. Kasian. Aku tetap semangat, nih, buat datang ke acara Konferensi Orkes Indonesia di Warung Raramean (Warme) yang terletak di Jalan Sederhana, Bandung pada Minggu (27/3). Acara yang diselenggarakan oleh Forum Orkes Dunia Akhirat atau disingkat FODA ini bertujuan untuk menjadi ajang silaturahmi buat seluruh barudak orkes di Indonesia. Kapan kamu mau silaturahmi ke rumah lagi? Heu.

Ngedenger nama acaranya aja, pasti kalian udah bisa membayangkan apa yang terjadi di sini kan? Yup! Goyang teruuuus. Karena acara ini acara orkes, jadi haram hukumnya kalau nggak goyang warga kreatif. Kayak sayur tanpa garam gitu. Acara ini dibuka oleh Orkes Bagong Februari yang langsung berhasil membuat seluruh penonton bergoyang dengan irama musiknya yang seru.

Acara ini juga dihadiri oleh band orkes senior yang namanya udah nggak asing lagi, yaitu Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks atau biasa disingkat OM PSP yang udah berkarir selama 38 tahun! Walaupun OM PSP di sini nggak dateng buat main musik, tapi para personel OM PSP yang rata-rata berusia 58 tahun ini, berhasil menghibur dengan candaan-candaan dalam talk show singkat, yang membahas tentang perjalanan karir mereka ketika masih berjaya dulu.

Seru banget warga kreatif! Selain terus-terusan dibuat bergoyang, di sini aku juga nggak ada berenti tertawa karena band beraliran orkes ini memang terkenal dengan gimmick-nya yang caleuy, ditambah lagi semakin malam, penonton yang datang semakin buanyak banget! Selain buat berjoged bareng band-band orkes yang tampil di sini, para pengunjung juga nggak sabar buat nungguin band orkes kenamaan yang sudah berkarir selama lima belas tahun, dan mengeluarkan 5 album yaitu Orkes Pemuda Harapan Bangsa (PHB).

Waktu akhirnya PHB main, suasana semakin menggila warga kreatif, area depan panggung dipadati oleh penonton yang berjoged heboh dengan sebagian penonton yang menggunakan kaus bertuliskan PHB dan sebagian lainnya yang berjoged sambil membawa bendera-bendera besar bertuliskan PHB. Ya, PHB garis keras lah pokoknya. Khusus di acara musik yang ini mah nggak ada bendera Slank warga kreatif, soalnya fans PHB udah punya bendera sendiri. Hahaha.

Ah, walaupun lumayan sakit pinggang karena terus-terusan goyang selama enam jam, tapi hari minggu ini spesial banget buat aku, karena selain bisa lebih tau tentang musik orkes yang ternyata sangat-sangat beragam, aku juga merasa sangat terhibur dalam Forum Orkes Indonesia yang terbilang sangat sukses ini. Selamat untuk FODA yang berhasil menyelanggarakan acara ini! Semoga cita-cita kalian untuk terus memajukan musik orkes bisa tercapai.

 

Teks dan Foto: Puti Aisyah Anjani Akbarsyah

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *