Press "Enter" to skip to content

“Government Art Show 2016” Lestarikan Budaya Leluhur

Kita sebagai anak muda yang berkehidupan di tanah Sunda seenggaknya harus tau lah tentang kebudayaan Sunda. Ya, walaupun begitu, namanya juga manusia bisa khilaf. Untungnya ada Mahasiswa-mahasiswi Ilmu Pemerintahan Unpad yang ngingetin dan ngasih tau kita tentang budaya dan seni Sunda dengan menggelar Government Art Show 2016.

Dengan demografis yang berletak di Sumedang, mereka mengajak sanggar-sanggar seni dari daerah Sumedang dan Lises Unpad untuk tampil mengenalkan kebudayaan Sunda, seperti pertunjukan seni tari dan seni musiknya buat para mahasiswa rantau. Haha. Saya juga ketang, anak rantau. Ya, buat saya yang artsy, sih, tentunya senang dan kagum dengan kebudayaan seni yang mereka tampilin. Apalagi masih ada kaum pemuda-pemudi yang mau melestarikan budaya leluhur. Bangga pisan lah, pokoknya.

Tapi bukan seni namanya kalau nggak fleksibel, sehabis hujan reda dan matahari terbenam, mulai lah pertunjukan seni musik kontemporer yang menampilkan Olegun & The Gobs, Bandung Inikami Orcheska (BIO), dan Maliq & D’essentials. Awalnya, para pengunjung nggak terlalu ngikutin irama musik Ska yang dipersembahkan dari Olegun & The Gobs dan BIO, tapi karena musiknya yang enerjik alhasil bikin yang dateng jadi berjoged ria. Faktor udara dingin ngaruh juga meureun. Komo nu jomblo. Heuheu.

untitled-008 copy

 

Acara ditutup oleh penampilan dari Maliq & D’essentials dengan setlist yang nggak jauh beda dari acara yang diadain di Unpad Dipatiukur beberapa minggu lalu. Ya, namanya juga fans walaupun udah pernah dengerin beribu kali lagu-lagu mereka, tetep weh sing along dan jingkrak-jingkrak mengikuti irama. Saya juga, da kagok dari tadi udah joged. Kalau diem pegel soalnya. Hahaha.

Semoga tujuan dari Government Art Show tahun ini untuk mempromosikan kembali kebudayaan Sunda kepada pemuda-pemudi rantau bisa tercapai dengan nantinya banyak yang minat untuk menggelutinya. Kalau saya, sih, udah senang dengan budayanya, dengan tambahan ini saya makin semangat untuk belajar mengenal lebih. Gaya. Oh iya, walaupun hujan sempet turun, Alhamdulillah sound systemnya nggak kenapa-kenapa, dan acara bisa berakhir dengan lancar. Mungkin sigap. Hehe.

 

Foto: Bagus Danny

Comments are closed.