Press "Enter" to skip to content

Gelaran “Articulation 2014” Bikin Kita Berasa Lagi di Perancis

Bandung boleh punya #KamisInggris, tapi Jatinangor nggak mau kalah. Karena Jatinangor itu “kota” yang isinya mahasiswa intelek semua, Kamis (20/11) lalu boleh jadi ‘Kamis Perancis’. Bukan, bukan semua warga Jatinangor jadi harus ngomong bahasa Perancis, tapi karena ada event seru bikinan HIMA Sastra Perancis UNPAD. Nama event-nya Articulation 2014. Bahasa Inggris? Jangan salah! Dibacanya ‘ar-ti-ku-la-syong’, khas Bahasa Perancis.

Event yang digelar di Gerbang Lama UNPAD Jatinangor ini dimulai dari sore hari dan punya berbagai macam konten dan pertunjukan seni. Ada banyak stand makanan dan minuman serta workshop mengenai pantomim dari Mixi Imaji Mime Theatre oleh Wanggi Hoediyatno. Di workshop ini diceritain tentang sejarah pantomim dan kondisi pantomim saat ini. Lalu panggung musik dibuka oleh penampilan dari Noorgard, dilanjut oleh UA & Sastrafara yang bawain lagu dari Iwan Fals, Bento. Setelah itu ada penampilan dari Sunda Project.

Selama acara dimulai, ada beberapa orang yang asik banget berkutat dengan kanvas dan kuas di beberapa titik di sekitar venue. Ternyata mereka adalah temen-temen dari Komunitas Seni FAPET yang lagi live painting. Dua dari mereka ngelukis pemandangan dan simbolisasi korupsi. Masing-masing lukisan yang dilukis langsung di venue ini ternyata punya arti dan filosofi masing-masing buat pelukisnya.

articulation5
Pecah banget ih enak!

Panggung musik dibuka lagi dan kali ini giliran Olegun & The Gobs yang naik panggung. Nggak disangka, ternyata mereka bawa banyak massa! Nggak, bukan buat tawuran. Tapi buat nonton mereka manggung. Dengan kondisi panggung yang pendek, interaksi antara personil Olegun & The Gobs dan penonton terjalin interaktif tapi tetap tertib. Seru banget! Setelah itu ada penampilan dari teteh-teteh gareulis dari Komstrad yang bawain tarian Mojang Priangan. Sontak cowok-cowok pada duduk manis di depan panggung dan fokus banget nonton teteh-teteh ini.

Belum cukup, setelah penampilan tarian Mojang Priangan ada Sky Sucahyo yang tampil! Cowok-cowok masih tetep duduk manis dan terpesona ngeliatin penampilannya. Da emang lucu pisan, sih, si Sky teh. Suaranya juga bagus. Apalagi waktu bawain musikalisasi puisi karya Taufik Ismail berjudul Tentang Sersan Nurcholis. Penampilan Sky ditutup oleh lagu Padi berjudul Kasih Tak Sampai.

Kalau sorenya ada workshop mengenai pantomim, malem hari giliran penampilannya. Ridwan dan Asep dari Mixi Imaji Mime Theatre sukses membawakan pantomim yang lucu dan bikin penonton mikir. Eh nggak. sih, aku doang yang mikir. Da aku mah apa atuh bukan anak Sastra Perancis. Tapi kesenian khas Perancis ini emang patut diapresiasi.

Mr. Sonjaya
Penutupan yang manis dari Mr. Sonjaya.

Karena malam semakin dingin, beres pantomim ada Teman Sebangku yang menghangatkan Articulation 2014. Ngebawain total tujuh lagu, Teman Sebangku sukses banget bikin penonton sing along. Terutama di lagu Sing About You. Teman Sebangku juga bawain satu lagu dari Efek Rumah Kaca, Mosi Tidak Percaya. Kenapa harus Mosi Tidak Percaya? Apakah efek harga BBM yang baru naik? Entahlah, hanya Teman Sebangku dan teman-temannya yang tau.

Hari semakin malam, penonton makin tertib dan duduk manis di depan panggung. Siap untuk menonton penampilan pamungkas dari Mr. Sonjaya. Yap, penampilan Mr. Sonjaya ini memang paling ditungguin. Apalagi lagu Part Time Lover. Ya gitu, penontonnya mungkin kebanyakan terjebak di friendzone. Hvft. Mr. Sonjaya juga bawain lagu berjudul Would You Be My November. Lagu ini ngeunaheun soalnya pakai instrumen xylophone dan sukses bikin lagu ini jadi romantis pisan. Cerita lagu ini pun tentang seseorang yang mau ngelamar kekasihnya. Romantis pas! Apalagi kalau malem-malem didengerin sama pacar. Iya kamu aja sama pacar kamu, aku, sih, nonton kalian aja.

Sukses buat temen-temen HIMA Sastra Perancis UNPAD! Semoga beberapa dari kalian nggak ketemu Articulation 2015 karena udah lulus, termasuk aku. Amin!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *