Press "Enter" to skip to content

Gelagat Para Pendiam Yang Sarat Distorsi

Sore menjelang petang di hari Jumat (26/9), di depan Teras Abu Fakultas Ilmu Budaya Unpad. Niatnya mau nonton cewek-cewek saman latihan, eh, yang muncul kok cowok-cowok lagi pasang sound system. Saya bingung. Selidik punya selidik ternyata ada acara yang di sponsori oleh Wasted Rockers, yaitu Dumb-Dumb Tour 2014 dengan tajuk Gelagat Para Pendiam. Dengan rasa penasaran, saya berniat mengikuti rangkaian acaranya aja deh, siapa tau nemu jodoh.

Nanya-nanya sedikit sama mas Audry, salah satu yang bikin acara, tentang nama tajuk acaranya sendiri dipilih karena biasanya anak-anak sastra di kampus ini pada pendiam alias kuliah-pulang, makanya dibikin lah acara ini supaya mereka bisa bersenang-senang bersama.

Sihir Swell rasa Manchester.
Sihir Swell rasa Manchester.

Jam 7 malem, acara resmi dibuka, langsung dengan penampilan dari Electric Sperm. Band asal Bandung dengan suara gitar yang sangau dan menggelegar berhasil menghangatkan atmosfer arena Jatinangor yang sangat dingin. Beneran nggak bohong, dingin banget, kayak kamu. Serta membawakan lagu baru yang belum ada judul pakai bahasa Uzbekistan namun terdengar friendly dan tetep menghasilkan noise yang kuat.

Dilanjut sama Fernie Sue, band asal Jakarta yang terdengar mengusung Seattle Sound nan gahar ini gelagatnya malu-malu kucing gitu, tapi sekalinya main musik, mereka nggak malu-maluin. Apalagi pas dihajar sama lagu andalan mereka Come Closer, keren lah! Lalu, Swell pun menjadi penampil selanjutnya. Band dari Bandung, awalnya berhasil merubah suasana menjadi santai dengan lagu mereka, Banal, dengan suara khas British sound 80-90an. Tapi tensi kembali naik ketika mereka cover lagu Made of Stone dari The Stone Roses. Serentak para penonton mengangkat kepalan kedua tangannya sambil bernyanyi bersama.

Barefood on stage!
Barefood on stage!

Yang selanjutnya adalah band pamungkas dari acara ini, yaitu Barefood. Pertama kali main di Jatinangor dan langsung membuat semua penonton berdiri dan menghentakkan kaki ngikutin iramanya. Dengan lagu Teenage Daydream sontak membuat yang lagi melamun membuyarkan lamunannya. Mudah-mudahan, sih, nggak ngelamun jorok. Band yang mengusung American 90’s alternative rock ini berhasil menutup acara yang membuat para penonton eargasm, yoi!

Semoga jalannya rangkaian Dumb-Dumb Tour di dua kota lainnya, Cirebon dan Pekalongan, berjalan lancar sehingga dapat memuaskan manusia haus gigs, serta sukses selalu buat Wasted Rockers, dan band-band yang ikut dalam rangkaian tour tersebut! Bravo!

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *