Press "Enter" to skip to content

“Fresh Graduate”, Single Kelulusan dari Basboi

Tahun 2018 lagi usum apasih, warga kreatif? Hujan mah tentu. Selain usum hujan, si kami menilai 2018 adalah usumnya Youtuber. Variatif banget pilihan videonya, ada yang bikin lagu disstrack karena videonya dipoyok, ada yang bikin video tanya-jawab hanya karena subscriber-nya udah mencapai target, ada juga yang menggoda akhwat dengan pura-pura jadi tukang kindaw. Araraneh nya. Oh iya, mana kubu Pewdiepie? Mana kubu T-series? Sok bebas lah, mau milih jadi kubu yang mana juga yang penting mah kamu nggak lupa bales grup Whatsapp keluarga. Kalau dikirim broadcast, jangan di-read doang! Hahahaha.

Suatu malam si kami membuka email, sambil gagaro punggung. Awalnya males, tapi setelah tau ada berita gembira dari rapper muda asal Bandung yang prestatif, yaitu Basboi, si kami langsung ngahorejat pergi ke laptop buat ngabarin warga kreatif. Bahwasannya Basboi resmi merilis single bertajuk Fresh Graduate pas hari Minggu (23/12) kemarin. Keprok!

Sempat si kami berpikiran kalau dewasa ini, kerja gotong royong udah punah. Ternyata Baskara membuktikan pada si kami hal itu masih ada! Terbukti dalam penggarapan single ini, Basboi bergotong royong bersama Weekendrounders dan Panji Wisnu di posisi produser dan mixing mastering-nya. Meureun, inilah maksud gotong royong yang relevan di tahun 2018. Ya meureun aja.

Arti dari Fresh Graduate sendiri menurut gugel terjemahan adalah lulusan baru. Penafsiran si kami, sih, Basboi baru lulus tapi hoream ke jobfair, jadinya bikin single ini. Hahahaha ngaco. Menurut  info terpercaya ROI, single ini menggambarkan kegalauan anak muda di usianya dan mengajak berpikir setelah lulus nanti, apa yang bakalan kita lakukan ke depannya. Dalem. Si kami, sih,  ngurus KRS-an aja udah salatri, apalagi mikirin yang gitu. Huhuhu. Basboi sendiri udah memulai karier musiknya dari tahun 2016 dengan melahirkan 4 single; Out Of Words, Night Drive, These Kids dan U Ain’t True. Produktif sekali, Mas Baskara!

Masih inget nggak, warga kreatif, gimana rasanya pas tingkat akhir? Pastinya lieur dan capek ya. Makan susah, sekalinya punya uang dipakai buat ngeprint. Ngeri. Nah, kalau Basboi mereka ulang kondisi tingkat akhirnya di video musik ini. Mengambil latar yang identik dengan kehidupan mahasiswa kos-kosan tingkat akhir, hal tersebut yang bikin lagu sama video klipnya saling melengkapi. Kayak cengek hijau dengan bala-bala lah. Lada.

Di balik video musik yang keren ini, Basboi menggaet tim produksi video dari tim Musikatalog. Tuh, kan, gotong royong lagi. Kalau ada gelar pemuda tergotong-royong se-Jatinangor, pastinya Basboi menang. Salut banget sama Basboi, di umur 21 udah bisa membuat karya yang keren nan dope. Jadi ngahuleng tarik. Si kami bakal ngapain ya pas nanti lulus? Ah nanti aja ketang. Bebenah transkrip juga belum. Huhuhu. Sekarang mah dengar dan tonton lagu Basboi dulu weh.

Instagram: instagram.com/bas.boi

Comments are closed.