Press "Enter" to skip to content

Finding Dory (2016): Pelajaran Berharga dari Ikan Hias Laut

Indeks Prestasi Keren: 8.5/10.0

Udah dari berbulan-bulan lalu semua pada heboh soal film yang bakalan bawa the 90s kid kembali nostalgia. Yea, petualangan ikan laut hias, Nemo ngeluarin sequel-nya yang berjudul Finding Dory. Karena aku anaknya harus kekinian, ya, aku juga nggak mau ketinggalan temen-temen yang udah parada now watching di Path.

Sebagai generasi 90-an yang ikutan cirambay nonton Finding Nemo (2003), ada sedikit ketakutan tapi deg-degan juga buat nonton Finding Dory. Alasannya sederhana: takut nggak memuaskan. Biasa lah, kalau film dibuat serinya kadang suka nggak memenuhi ekspektasi, tapi juga ada perasaan nostalgia yang bikin jantung berdetak kencang. Macam ketemu senpai.

Film Finding Dory ini, sebagaimana dari judulnya, yaitu untuk menemukan Dory si ikan jenis Blue Tang yang punya masalah dengan ingatan. Dory tiba-tiba kesambet dan jadi inget keluarganya yang ternyata tinggal di California. “Edan, jauh pisan dari Australia kudu ngojay ka Amerika,” yep aku mikir kayak gitu. Akhirnya dengan tekad yang bulat, Dory, dibantu dengan Nemo dan Marly menyeberangi samudera demi mencari kedua orang tua Dory.

Kisah lika-liku perjuangan Dory bisa dibilang agak mirip dengan plot Finding Nemo. Mulai dari karakter-karakter yang muncul kembali. Geregetnya, Dory ilang dan Nemo ilang, terus ada karakter-karakter baru yang punya sifat sama dengan beberapa binatang yang ada di Finding Nemo, dan tentunya adegan-adegan yang bikin pengen teriak “DORY UDAH LAH, JANGAN PERGI-PERGI MULU!” dan “HUHUHUHU DORY!!” tapi da isin di bioskop…

Karena masih anget-anget tai ayam, aku nggak mau ngasih spoiler ah. Bisi diserang sama warga sekitar, tapi aku mau ngasih tau nilai apa, nih, yang bisa kita ambil dari perjalanan menyeberangi lautan bersama ikan-ikan hias ini. Pelajaran yang pertama adalah bersabar! Harus sabar ngurusin orang yang suka pelupa. Kedua, sayangi mama papa kamu, karena mereka juga pasti sayang sama kamu. Apalagi kalau kamu ikan yang pelupa. Hehehe. Ketiga adalah kerja sama! Untuk mencapai sebuah tujuan, kita mungkin bisa ngelakuinnya sendirian, tapi, ya, akan lebih baik kalau bersama, dan yang terakhir adalah harus percaya pada kemampuan diri sendiri! Apa pun kata orang, pede aja! Asal tong ka pedean, eta aya cengek di gigi.

Yasudah deh, pokoknya Finding Dory ini cocok banget buat ditonton sama orang yang udah pernah nonton Finding Nemo. Akan ada banyak scene nostalgia yang bikin sedih dan ngakak. Oh iya, satu pesan lagi: tunggu sampai credit title-nya beres! Ada kejutan menarik yang bikin kamu ketawa. Sip atuh. Ditunggu ya~

Comments are closed.