Press "Enter" to skip to content

“Finally We Arrived At The Earth”: Invasi Musik Metal dari Gitaris UTBBYS

Blantika permusikan indie tanah air, khususnya Bandung kedatangan sekumpulan alien yang memulai misinya dalam menginvasi bumi. Etapi tenang, bukan alien beneran, kok, itu mah cuma gimmick yang ditampilkan sama Finally We Arrived At The Earth (FWAATE) yang memposisikan dirinya sebagai makhluk luar angkasa yang memperhatikan kehidupan di bumi. Edan.

Band beraliran post-metal ini beranggotakan lima orang muda-mudi yang berada di satu almamater yang sama. FWAATE terdiri dari Ezza Rush (gitar), Hamzah Sastra (gitar), Dinar Rizkianti (synth/vokal), Ghea Ghufroni (bass), Variansyah (drum). Buat yang demen sama musik post-rock, pastinya nggak asing sama nama Ezza Rush. Yap! Do’i adalah gitaris dari band post-rock kebanggaan Bandung, yaitu Under The Big Bright Yellow Sun. Jadi, nggak perlu diraguin lagi deh kualitas dari band ini, pasti keren.

Pada proses bermusiknya, ternyata mereka nggak cuma sembarang bikin materi lagu, tapi mereka juga memasukan sebuah kritik sosial di dalamnya. Seperti pada single perdana berjudul Are You Homosapiens??? yang mereka rilis hari Selasa (31/3) kemarin, FWAATE mempertanyakan kesempurnaan manusia yang justru seringkali menjadi penyebab rusaknya planet yang dihuni sendiri oleh mereka.

“Homosapiens, secara etimologis berarti manusia bijak (manusia sempurna). Dalam tafsir manusia hari ini, homo sapiens bukanlah manusia sempurna dalam arti yang sebenarnya, tetapi kodrat manusia sebagai penyempurna keseimbangan sistem alam semesta. Meskipun pada kenyataannya manusia acapkali kehilangan kendali diri dan justru menjadi perusak system yang ada.” Ujar Dinar atau Nay, satu-satunya personil wanita yang ada di FWAATE melalui siaran pers.

FWAATE berharap kalau kehadiran mereka bersama karyanya bisa jadi sebuah peringatan bagi umat manusia, kalau mereka sebaiknya menjaga baik-baik planet bumi, sebelum mahluk lain mengambil alihnya demi terciptanya kestabilan di tata surya. Ngeri. Direkomendasikan banget buat kalian yang suka band post-metal/ambience macam Meshugah, Russian Circle, The Contortionist dan Toundra. Ah, kayaknya saya nemu band kesukaan baru, nih. Asik.

Oh iya, materi lagu mereka ini kental banget sama nuansa sci-fi, efek suara yang dihasilkan bikin kita ngerasa merinding, tapi pengen headbang juga dalam waktu yang bersamaan. Penasaran? Yuk langsung aja dengerin single perkenalan dari kuintet alien ini! *Vulcan Salute*

[soundcloud url=”https://api.soundcloud.com/tracks/196471380″ params=”color=ff5500&auto_play=false&hide_related=false&show_comments=true&show_user=true&show_reposts=false” width=”100%” height=”166″ iframe=”true” /]

___________________________________________

Twitter: @fwaateband

Soundcloud: soundcloud.com/finallywearrivedattheearth

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *