Press "Enter" to skip to content

“Fiction Mind”, Upaya Manner House Mengikis Isu Kesehatan Mental

Ada jutaan kasus kesehatan mental yang kita temui dan berseliweran di linimasa media sosial kita hari ini. Jutaan kasus tersebut punya sisi positif karena bagaimanapun kisah tersebut berhasil muncul dan terceritakan, di tengah kondisi bahwa sekian juta kasus lainnya masih dipendam penderita. Kita biasanya lebih sadar akan isu ini ketika Hari Kesehatan Mental diperingati, yaitu setiap tanggal 10 Oktober. Selain tanggal tersebut, kawanan Manner House berupaya terus gaungkan topik ini melalui karya musik.

Manner House adalah Esa Prakasa (gitar) dan Zulfikar Azhar Mahmud (vokal, synthesizer), duo unit pop shoegaze yang baru saja mengawali perjalanan musiknya dengan merilis sebuah single bertitel Fiction Mind. Kita bisa saja menganggap bahwa isu yang mereka angkat terlalu berat. Tapi ya musti diapresiasi upaya mereka membawa isu penting yang selintas dipandang ringan ini.

Dalam perjalanannya, keduanya menunjuk Canggar Krisnatry sebagai produser. Canggar dan Esa sebetulnya sudah lebih dulu bekerjasama di Angsa & Serigala, yang mana di sana Esa mengisi pos gitaris. Pada sesi recording dan live, mereka juga dibantu oleh Dawan yang aktif menabuh drum antara lain bersama Rock N Roll Mafia, Fuzzy, I dan Collapse, serta Odenk yang sempat membantu Juicy Luicy. Jelas, proyek musik ini bukan sekadar muncul, namun juga menjanjikan.

Fiction Mind adalah sebuah ajakan serta penawaran atas pilihan lain selain mengakhiri hidup. “Setiap orang punya embrace-nya (tentang kesehatan mental) masing-masing. Premis Fiction Mind adalah dancing in the dark. Bahwa kita dapat menikmati sebuah nestapa sambil bersenang-senang,” tegas Zulfikar, dikutip melalui siaran pers.

Karya perdana ini secara resmi akan mereka rilis Jumat (21/6) melalui IGTV. Menyusul berikutnya video musik yang direncanakan dilepas pada tanggal 5 Juli 2019 via YouTube, serta melemparnya ke beberapa platform musik digital. Lebih jauhnya, Fiction Mind bakalan termasuk ke dalam album yang tengah mereka garap, di mana keseluruhan materi album tersebut akan memuat isu kesehatan mental dengan ragam premis. Patut ditunggu. Tapi, kita nikmati dulu aja ya lagu pertama mereka.

__________________________________

Instagram: instagram.com/mannerhouse.official

Comments are closed.