Press "Enter" to skip to content

“Eksploitasi” Warna Baru Fuzz-Oh

Di negeri kita tercinta ini makin banyak, nih, band-band rock berbau-bau noise yang aduhay. Nah, yang satu ini juga nggak kalah “berisik” dari unit-unit noise rock kesayangan kita-kita. Fuzz-Oh! Ya, belakangan ini nama mereka emang lagi anget-angetnya di Cikapundung dan sekitarnya. Nggak ketang heureuy. Pokoknya di Bandung teh, trio ini lagi jadi perbincangan yang lumayan menarik buat nemenin kopi dan cau goreng.

Nah, baru-baru ini Fuzz-Oh ngerilis single teranyar mereka yang bertajuk Eksploitasi. Gaya euy. Buat yang baru tau, mereka ini sebelumnya udah pernah ngerilis single pertama mereka juga yang judulnya Ugal-ugalan, yang bisa kalian denger di akun Soundcloud mereka. Aransemen Eksploitasi ini cukup geber dan puguh. Warna musik noise-nya kental banget sama tone fuzz yang dihajar terus-terusan. Pokoknya cocok lah, buat kamu yang suka denger Morfem, Kelompok Penerbang Roket, dan nu karitu.

Tah, yang anehnya single pertama dan single yang baru ini musiknya sangat-sangat berbanding terbalik. Naha bisa? Karena penasaran, yaudah saya nyari kontak si personelnya, dan alhamdulillah akhirnya dapet, terus langsung aja saya tanyain ke Gemma, sang bassist yang rajin menabung.

Ya, menurut saya, Eksploitasi ini lebih serius dari pada Ugal-ugalan, dari segi musik maupun lirik yang dibuat. Ekspolitasi juga lebih banyak komposisi musiknya. Gemma bilang, “Karena awalnya Ugal-ugalan itu buat format akustik, biar kayak pengamen, dan emang di EP kami juga semua lagu beda warna, tapi masih satu benang merah”. Nah, jadi gitu, lur. “Rencana awalnya sebenernya EP kami itu rilis bulan Maret kemarin, cuma masih kehalang cover sama dana,” lanjut Gemma.

Kalau didenger-denger, ya lumayan jelas lah ya, Ugal-ugalan nyeritain apa. Tapi, Eksploitasi ini kalau saya kurang paham euy. “Kalau makna dari liriknya sendiri, sih, saya nggak mau ngasih tau, soalnya lisan itu ambigu. Biarin yang denger punya eksplanansi sendiri. Oh iya, buat info juga, Eksploitasi ini lagu serius pertama yang Fuzz-Oh buat dari EP kami yang judulnya 1/2. Hahaha,” cerita Gemma soal lirik Eksploitasi.

Gemma juga ngasih sedikit bocoran rilisan Fuzz-Oh yang terdekat. Bulan Mei mendatang bakalan ada kompilasi dari Grimloc Records yang di dalemnya ada mereka, bersama band idolaku Ametis, Wreck, dan sekawanan Taman Cibeunying lainnya. Bagus deh.

[soundcloud url=”https://api.soundcloud.com/tracks/259540747″ params=”color=ff5500&auto_play=false&hide_related=false&show_comments=true&show_user=true&show_reposts=false” width=”100%” height=”166″ iframe=”true” /]

___________________________________________________

Instagram: instagram.com/fuzz_oh

Twitter: @fuzzohberisik

Soundcloud: https://soundcloud.com/fuzzohberisik

Comments are closed.