Press "Enter" to skip to content

“Domestic Affairs”, Pameran di Rumah Sendiri

Setelah iseng-iseng cari CD dan tees band kesayangan di Omuniuum, aku iseng mau main ke lantai 3, mau tau di Omnispace teh lagi ada apa. Di galeri imut nan mungil ini ternyata lagi ada pameran yang berjudul Domestic Affairs. Pameran ini berisikan karya dari Arum Tresnaningtyas, Erwin Windu Pranata, Jabbar Muhammad, Muhammad Akbar, M. Nasrul Akbar, Mufti Priyanka, Resatio Adi Putra, dan Vincent Rumahloine. Banyak kannn, walaupun mungil, tapi galerinya muat nampung karya mereka, lho!

Dari semua karya yang dipamerkan, aku sempet aneh sendiri karena nggak ada karya yang nyambung atau nggak ada keterkaitan dari satu karya dengan karya yang lain. Karena nggak mau sesat di jalan, maka dari itu aku bertanya pada salah satu artist-nya, yaitu Mufti Priyanka A.K.A Amenkcoy.
UP4

Setelah bertanya-tanya akhirnya aku tau. Jadi, Domestic Affairs itu adalah kegiatan pameran yang diinisiasi oleh pihak Omnispace yang memang sengaja pamerannya diisi teman dan kerabat dekat aja, dan nggak ada bingkai kurasi untuk pameran itu sendiri. Pamerannya diisi sama hasil karya seniman yang akhir-akhir ini sedang aktif. Hasil karyanya juga nggak semua up-to-date, ada beberapa karya yang lama dan beberapa udah dipamerin sebelumnya, sekitar kurun waktu 1-3 tahun ke belakang.

Karyanya juga emang nggak punya tema spesifik. Pameran ini sebenarnya cuma ingin mengenalkan ke pengunjung, kalau seniman muda yang terpilih di sini mempunyai karakteristik eksplor dalam berkaryanya masing-masing. Jadi jangan aneh kalau tema, medium bahkan eksekusi karyanya berbeda-beda. Contoh, Amenk yang biasanya menggambar dengan media kertas, tapi di pameran ini diperlihatkan hasil gambar Amenk yang menggunakan meda kanvas, dan Nasrul yang sebelumnya lebih eksplor ke fotografi, sekarang mulai cenderung ke doodling. Intinya mereka itu satu tempat tongkrongan gitu, tapi nggak saling memengaruhi dalam karya seninya. Pertemanan yang melahirkan inspirasi baru di movement masing-masing artist.
up1jpg

Pameran Domestic Affairs ini akan berlangsung sampai tanggal 27 agustus nanti. Setelah Domestic Affair juga bakalan ada pameran kolektif dengan seniman yang bergelut pada seni kolase. Seru nggak, sih, macem bikin kliping gitu lah. Serasa flashback ke jaman SMA. Hehe.

Comments are closed.