Press "Enter" to skip to content

Diary Adek: Ngabuburit Asyik di Taman Kota

Apa sih yang ada di benak kamu wahai Warga Kreatif ketika mendengar kata “taman”? Kalau kata aku, sih, taman itu tempat yang paling indah, dan itu taman kanak-kanak. Nggak, nggak. Kalau kata aku, taman itu tempat di mana kita bisa bersemlehoy dan bercinta sama alam.. hahaha.. so banget kayak Soimah, sorry.

Taman itu tempat nongkrong termurah! Apalagi sekarang walikota kita Bapak Ridwan Kamil ngubah semua taman yang dulunya nggak berbentuk, sekarang bagus banget. Beloman lagi fasilitasnya yang bikin kita betah di taman, apalagi kalau bukan WIFI, sahabat para fakir internet, hahaha. Mangkanya! Di bulan Ramadhan ini, taman kota adalah salah satu tempat asyik buat ngabuburit! Daripada ngabuburit di café atau mall, banyak mudaratnya (cieee..), mening ke taman aja.

Pas banget, sore kemarenan adek lagi iseng jalan-jalan memantau taman kota yang ada di Bandung. Nih, adek ceritain.

1. Taman Lansia

IMG_6587

Pertama ke Taman Lansia, tepatnya ada di sebelah Gedung Sate. Taman Lansia itu kepanjangan dari Taman Lanjut Usia. Nggak heran, kadang kalau weekend suka ada  bapak-ibu-lansia yang ngadain senam sehat. Tapi, bukan berarti yang datang ke taman ini lansia semua, banyak juga  kawula-kawula muda Bandung yang gemesin. Walau nggak terlalu rame..

Iya, dibanding taman yang lain, di sini nggak terlalu hectic, Mungkin karena luas kali, ya. Palingan, berisik sama suara kendaraan doang, tapi cukup menyejukkan hati, raga, dan pikiran, sampe-sampe adek bisa bersemedi di sana kayak gini:

IMG_6595

 

2. Taman Pustaka Bunga

IMG_6565

Kalau di Belanda ada Taman Keukenhof, di Bandung juga punya versi Keukenhof kecilnya, namanya Taman Pustaka Bunga (Taman Kandaga Puspa) yang letaknya nggak jauh sama Taman Lansia, di Jl. Cilaki. Taman ini,tuh, menandakan kalau Bandung adalah Kota Berhiber (Bersih, Hijau, Berbunga). Kita bisa nemuin beberapa bunga cantik nan someah di taman ini. Ada beragam jenis bunga anggrek, bahkan sampai spesies langkanya juga ada!

 

Eh tapi sayangnya, taman bunga yang awalnya terlihat indah nan mempesona, sekarang udah nggak kayak gitu lagi. Bunga-bunga yang ada nggak bermekaran indah, jadi kurang gemesin.

3. Taman Cibeunying

IMG_6583

Ketiga, ada Taman Cibeunying. Menurut ahli sejarah, Mang Oedjang, taman ini tuh udah ada dari jaman Belanda, dinamakan Tjibeunjing Plantsein. Dulunya, fungsi dari taman ini sebagai hutan kota. Pada taun 1980-an, taman ini dijadiin bursa tanaman sama wakilota Bandung yang dulu. Nah, kalau sekarang, Taman Cibeunying ini suka dipake buat workshop kecil-kecilan, tempat diskusian beberapa komunitas, dan perdiskusian lainnya. Bakhan suka dipake main bola sama anak kecil, neeeeh:

IMG_6580

 

4. Taman Foto Cempaka

IMG_6605

Lanjut! kita ke Taman Foto Cempaka. Taman ini memanjakan mata kita dengan beberapa hasil foto kengkawan-kengkawan yang anggap aja kenal,lah, ya. Bagus-bagus, deh, beneran. Buat kengkawan yang hobi fotografi, terus pengen bikin pameran foto, di sini aja! Enzoy!

IMG_6607

Selain itu, yang kangen sama sosorodotan, ayunan, di masa kecil, di sini kita bisa mainin itu semua. Tapi inget, jangan rebutan sama dedek-dedek ya. Soalnya di Taman Cempaka ini banyak juga dedek-dedek, selain jalan-jalan, yaitu sambil main ayunan, swing-swing~

IMG_6615

 

5. (Katanya) Taman Baca
IMG_6599

Kelima, ada taman yang katanya mau dibikin Taman Baca di Jl. Riau, tapi entah kenapa taman ini sepi banget. Bahkan nggak ada yang ngurusin. Keliatan dari beberapa tembok yang ada coretannya, keliatan kan nggak kejaganya. Tuh, liat. Ada yang kenal Achzan? Kalau ada, bilangin, dicariin aku! Beranian corat-coret, mending kalau bagus. huh.

IMG_6603

Aku sendiri sih diem bentar disana kurang greget aja gitu, kan kalo taman baca mah identiknya sama tempat yang nyaman yang mau kita gimana juga bisa, dan nggak berisik. Nah kalau di sini tuh, kurang aja gitu, nggak kena ke hati. Sayang…

Abis dari Taman Baca itu, rencana mau ke taman-taman lainnya, tapi, bentar lagi magrib, Bang! Adek takut diculik kalong wewek. Lagian, adek juga mau buka puasa hehehe… Buat informasi aja, nih. Selain 5 taman di atas, ada juga  Taman Musik di Jl. Jawa, Taman Jomblo di bawah jembatan Pasopati itu yang deketan sama Baltos, Taman Pranatayudha depan SMA PGII, ada  juga Taman Balaikota. Ah seru.

Jadi, buat kalian yang pengen ngabuburitnya enak dan berkecukupan wifi dan ga bengong banget gitu, dateng aja ke taman-taman yang ada di Bandung. Tapi inget, tamannya dijaga juga ya, jangan buang sampah sembarang, jangan dirusak segala fasilitas yang ada. Sayangilah taman sebagaimana kalian menyayangi orangtua, sahabat, teman, pacar, dan diri kalian sendiri. Semoga bermanfaat, Camikuuuuum~

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *