Press "Enter" to skip to content

Diary Adek: Nostalgia Masa Kecil di Bonbin Bandung

Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit kita waktu kecil. Waktu kecil dulu, setiap datangnya hari libur, pasti destinasi untuk rekreasi adalah tempat ini, tempat dimana banyaknya binatang-binatang dari penjuru Indonesia dan dari luar negerinya pun ada. Iya, Kebun Binatang Bandung. Kebun Binatang Bandung adalah salah satu tempat wisata rekreasi untuk menghabiskan akhir pekan barengan keluarga. Keluarga cemara.

Ngomongin soal kebun binatang, katanya mah, si Bonbin ini tuh udah ada dari tahun 1930. Coba itung, sekarang udah 2014, berarti umur si bonbin teh udah 84 tahun! Alig! Bonbin ini dibikin sama Bandung Zoological Park (BZP) dengan dipelopori oleh bapak Direktur Bank Dennis, Hoogland. Itu, om aku. Sampai sekarang neh, Bonbin masih jadi tempat favorit liburan keluarga. Terlihat dari macetnya jalanan sekitaran Sabuga kalau tiap hari Minggu.

dwqe
Menjenguk Kera Jawa yang nggak seatraktif dulu.

Nah, sambil mengenang masa lalu, masa kecil yang indah, kemarenan ini sengaja pergi ke Bonbin. Emang udah hampir 15 tahun lamanya nggak menginjakkan kaki disana. Jadi penasaran, pengen tau, Bonbin yang sekarang banyak perubahan nggak. Da katanya mah, si Bonbin teh kayak udah nggak diurus gitu senah mah. Cik bener nggak.

Dengan harga tiket masuk 20 ribu, kamu bisa masuk Bonbin sepuasnya. Uh, seneng banget pas pertama masuk. Kita bisa ngeliat lincahnya para monyet bergelantungan, suara ricuhnya para burung-burung, bisa nunggangin gajah, unta, atau kuda mengelilingi jalur yang ada. Jadi kangen waktu kecil, digendong papa sambil liat binatang. Binatang sobo. Eh bintang itu mah.

Buaya yang gabut.
Buaya yang gabut.

Sambilan jalan, seketika aku kaget! Kaget sama keadaan Bonbin yang bisa dibilang kotor banget. Sedih siah ih jadinya. Beda banget sama keadaan Bonbin waktu dulu. Kalau harus ngebandingin Bonbin yang dulu sama sekarang, ih jauh banget. Dulu, semua binatang pada lucu, bersih, nan gemuk.

Sekarang, kayak nggak keurus. Sedih banget. Keliatan dari ukuran binatang yang kurus dan kotor. Bahkan, aku nemuin makanannya yang udah digerogoti sama lalat. Berarti itu kan udah jadi bangkai. Selain itu, kandangnya kotor banget. Bahkan, ada kandang yang nggak ada isinya tapi ada keterangan hewan di dalemnnya. Dikira kost hewan apa.

Ngeliat keadaan Bonbin sekarang sedih banget. Bukannya menjelekkan, tapi menyayangkan aja kenapa binatang-binatang itu harus ditelantarkan seperti itu. Dulu waktu aku kecil, tiap liat binatangnya, aku seneng. Bisa ngasih makan, bisa liat mereka jalan kesana-kesini walaupun di dalem kandang. Sekarang, banyak binatang yang gabut, ya, maksudnya diem aja gitu, karena emang keadaan sekitarnya nggak bikin mereka nyaman. Keliatan banget muka-mukanya kayak pada stres. Kalau binatang bisa ngomong, mungkin kata yang dia ucapkan adalah, “tolong aku!”.

males
Harimaunya udah males-malesan.

Binatang itu sama juga makhluk ciptaan Tuhan yang harus kita jaga dan sayangi. Jadi, buat kalian pecinta binatang, tolong dijaga ya. Dengan keadaan yang kayak gini, jangan bikin kita males juga buat dateng ke Bonbin. Dateng aja ih, jengukin, sambil kasih mereka makanan yang layak. Karena, kalau bukan kita, siapa lagi?

 

Foto: M. Ilham Prakoso

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *