Press "Enter" to skip to content

Diary Adek: Berwisata Keliling Bandung Naik Bandros

Bandung tour on bus atau yang sering kita sebut dengan Bandros adalah fenomena kesekian di Bandung yang lagi rame banget di omongin. Bis dua tingkat itu bikin antusias warga dan pada pengen naik buat nikmatin sensasinya bis tingkat dua ini. Padahal mah, ya, sama aja, sih, kayak naik bis biasa.

Untuk naik si Bandros ini kita harus beli tiket dulu di Taman Kandaga Bunga, dan harus pagi sekali, sebelum kamu diselip sama rombongan anak-anak SD atau TK. Dengan harga tiket Rp10 ribu, kamu bisa naik dan diajak berkeliling Bandung selama satu jam. Dan kamu bisa milih mau duduk di atas atau di bawah. Cuma, kalau pengen duduk di atas, kamu harus siaga sama ranting pohon dan kabelan listrik.

Processed with VSCOcam with se3 preset
Duh, panas terik, Bang!

Cuaca hari itu teh sanap pisan, nggak sanggup Adek nahannya, Bang! Untuk rutenya sendiri, pertama-tama kamu bakalan dibawa ke daerah Gedung Sate dan sekitarnya, ke Jalan Dago, terus ke Jalan Merdeka dan Jalan Braga. Sambilan jalan-jalan, Adek juga dikasih pengetahuan akan sejarah beberapa gedung yang dilewatin sepanjang rute jalan sama tour guide-nya.

Karena ngikut sama rombongan anak TK, nemu hal lucu aja gitu dari ngutruk-nya anak-anak TK. Ada yang bilang seneng banget, sama ada yang ngutruk kalau naik Bandros teh nggak seru dan panas. Ya, gimana nggak panas, kan duduk di atas pas cuaca lagi terik-teriknya.

ssew
Liat Gedung Sate dari posisi yang enakeun.

Yang dikeluhkan dari Bandros ini adalah sistem dari pengurusnya yang belom dibilang bener, kerasa aja pas mau naik, dijanjiin ngantri pagi, taunya disuruh antri jam 11, pas dateng lagi jam 10-an buat jaga-jaga, taunya udah abis sama rombongan. Sebagai penumpang umum rasanya nggak adil aja kalau selama seharian Bandros penuh sama rombongan.

Dan, kemana Bandros yang satunya lagi itu, kenapa cuma beroperasi satu bis aja!? Kecewa Adek, Adek kecewa! Nah, yang disayanginnya lagi, ekspektasi awal pas naik Bandros tuh kita bakalan jalan-jalan ngelilingin tempat yang emang beloman ke ekspos sama sekali. Taunya ke tempat yang udah sering banget kita lewatin bersama saat dulu kita masih berdua. Eh, gimana?

s
Itu tuh menara Mesjid Agung!

Buat yang beloman naik dan penasaran sama Bandros, sok atuh naik, gih, da cuma Rp10 ribu ini nggak mahal-mahal baget. Cuma harus agak sabar sama jatah tiket yang ada, yang tadinya bilang ada, nggak lama dari situ udah full booked aja sama rombongan. Haha sabar, ya! Da kata Kang Emil juga urang Bandung mah someah dan penyabar. Selamat berwisata, Bang!

Foto : Ade Bambang Kurnia

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *