Press "Enter" to skip to content

“COMPILATION 2014” Ngajarin Kita Jadi Fotografer Pro

Minggu (30/11) kemarin, tepat di penghujung bulan November, Administrasi Bisnis UNPAD ngadain acara perlombaan dan workshop tentang fotografi. Nama acaranya COMPILATION, “Commercial Photography with Simple Equipment”, dengan pembicara yang nge-hits di bidang commercial photography yaitu mas Roy Genggam. Sodaranya Roi Radio, lho. Bohong deng. Maapin Baim, ya.

Acara ini diselenggarakan di kampus FISIP UNPAD, Jalan Bukit Dago Utara no.25. Aku hampir nyasar malah ke Dago Tea House. Pendaftaran untuk perlombaan fotografi, sih, udah dimulai dari tanggal 10 November kemarin, dan hari Minggu kemarin lah acara puncak dan pengumuman pemenang dari perlombaan yang bergengsi ini. Asoy.. tegang euy!

Acara ini merupakan salah satu tugas mata kuliah promosi di jurusannya yang bertemakan bisnis. Kenapa promosi dan menyangkut tentang fotografi? Kenapa? Kenapa!? “Kami pengen hasil jepretan tuh dapat menghasilkan value dan profit untuk photographer. Kecuali selfie, ya,” tegas Dina, salah satu panitia yang kece.

Mas Roy in action.
Mas Roy in action.

Dibuka dengan bismillah dalam hati, workshop yang ditunggu-tunggu akhirnya dimulai. Pembahasannya jelas, lugas, dan mudah dipahami. Mas Roy Genggam menjelaskan penggunaan ISO, Diafragma, taking picture, dan making picture menggunakan adobe photoshop. Mas Roy juga sempet pamer hasil editan dan jepretannya yang keren. Pas dengan komposisinya. Keren, Mas!

Setelah penjelasan tentang kiat-kiat jadi pengguna kamera SLR yang bijak, Mas Roy melanjutkan workshop dengan demo teknik pengambilan foto still life product, food and beverage yang keren pisan. Do’i sengaja bawa peralatan tempurnya, yaitu kamera SLR beserta lighting. Ruang seminar disulap jadi studio foto lah. Niat pisan! Peserta juga diajakin untuk menggunakan seperangkat mini studionya, enak!

Jadi laper liat foto yang diperlombakan.
Jadi laper liat foto yang diperlombakan.

Sebagai penutup acara workshop ini, tibalah pengumuman pemenang dan evaluasi dari setiap foto yang terpilih jadi pemenang oleh Mas Roy. Tegang! Tapi lega begitu tau pemenangnya. Maka berakhirlah workshop COMPILATION ini. Aku jadi makin seneng deh motret cowok ganteng di jalanan, dan sekarang bisa motret pakai teknik. Satu pesan dari acara ini : “You don’t have to be a pro to shot like a pro”. Sebuah kutipan dari baligho besar yang dipajang di gerbang UNPAD Dago. Regepkeun tah, ceesku!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *