Press "Enter" to skip to content

“Cinemusique”, Alternatif Lain untuk Menikmati Musik

Kamu anaknya up to date banget nggak, sih? Misalnya, kalau ada film baru, kamu pasti jadi orang terdepan buat ngantri tiket film tersebut. Tapi, ngantri karena disuruh temen. Huft. Eh, nggak gitu ya? Saya anaknya nggak maniak film. Tapi gara-gara kemarin ada kegiatan CINEMUSIQUE, saya langsung mendadak jadi pengen nonton film. CINEMUSIQUE ini adalah kegiatan pemutaran film dokumenter 3 band indie. Ada Seringai: Generasi Menolak Tua, Mocca: Life Keeps On Turning, dan White Shoes And The Couples Company: Di Cikini yang filmnya diputer di hari Sabtu (21/5) kemarin.

Setelah ini-itu dan nunggu hujan yang nggak kunjung reda, akhirnya saya sampai di IFI Bandung selepas maghrib. Sayang banget, saya kelewatan penampilan akustik dari APRES ITB dan film dokumenternya Seringai sama Mocca. Tapi tenang, saya masih punya kesempatan buat nonton film berikutnya, Alhamdulillah. Pengunjung yang datang di pemutaran film terakhir memang sedikit kurang ramai, bukan karena kegiatannya yang nggak seru, tapi mungkin karena faktor cuaca malam itu yang memang lebih oke buat dipakai selimutan.

cnmsq3

Ketiga film yang diputar lebih menceritakan mengenai sejarah band tersebut terbentuk, pengalaman manggung, dan mengenai hal-hal intim lainnya yang ada di seputar mereka. Pokoknya ada hal-hal lain yang saya tau setelah nonton film tersebut. Oh iya, selepas pemutaran film, ada juga sesi tanya jawab, kuis berhadiah dan diskusi mengenai film yang ditonton. Menarik, sih, mirip kayak cerdas cermat pokoknya mah.

Kegiatan menonton film dokumenter dari sebuah band, menurut saya bisa juga menjadi salah satu alternatif lain untuk menikmati musik tersebut. Warga kreatif jadi bisa tau, hal intim dibalik terciptanya sebuah musik. Jadi bisa merasa lebih dekat gitu deh pokoknya. Heu.

Komunitas kreatif di Bandung ini memang beragam banget kegiatannya. Buktinya ada Bahasinema sama Kolektif Film yang bisa kerjasama bareng IFI buat bikin acara pemutaran film yang hauce. Jadi, buat temen-temen yang seneng banget sama kegiatan seputar dunia film, baik seneng di depan layar ataupun di balik layar, kamu bisa banget gabung sama mereka.

cnmsq

Oh iya, nanti mah coba puterin film dokumenter tentang kehidupan kasir minimarket. Biar kita tahu, sebenernya dia kesel nggak, sih, ngucapin salam setiap ada pengunjung yang dateng. Eh, emang ada gitu, ya?

Comments are closed.