Press "Enter" to skip to content

“Chic” dengan Keramik Olahan KAR

Paradigma keramik sebagai media olahan bagi produk tableware udah nggak lagi usum. Menyempatkan waktu untuk main ke workshop KAR di Cihampelas udah jadi suratan takdir yang perlu aku syukuri. Di sini keramik jadi media pembuatan jewelry yang diolah sedemikian rupa melalui berbagai eksperimen sampai bisa menghasilkan perhiasan yang ringan, kuat dan eye cathcing untuk kita nikmati.

Aku ketemu teh Anya, salah seorang dari tim KAR yang lagi nyiapin koleksi barunya yang bertajuk KAR ss 15. Untuk kalian yang udah tau maupun yang belum, KAR adalah brand dengan kategori produk jewelry lokal yang mengunakan keramik sebagai media utama pembuatan produknya. Selain rajin silaturahmi sama temen-temen di industri kreatif, latar belakang teh Anya sebagai lulusan program studi Kriya Keramik ITB, jadi bekal yang sangat berpengaruh dalam usaha kreatifnya ini.

Pengolahan keramik jenis bon china dengan metode handbuilt boleh kita miripkan sama mainan waktu kecil, ya, plastisin! bedanya kalau keramik setelah dibentuk butuh proses panggang di oven khusus dengan suhu bakar kisaran 800-1000 derajat celcius, adaw. Permainan nggak berakhir di situ bray, pengolahan keramik juga melibatkan pewarnaan bahan dasar ataupun bahan pelapis yang dinamain glasir, kalau di furnitur biasa disebut pernis. Pada dasarnya, keterlibatan bahan-bahan yang serba raw menuntut mereka untuk ekstra kreatif dalam mengolah formula yang terus menerus dikembangkan.

Sejauh ini KAR udah ngerilis empat season produk dan beberapa collaborative project bareng sesama pegelut dunia kreatif. Masing-masing punya konten keseruan yang sanggup bikin mata kita seger. Untuk season produk yang terbaru seperti udah kesebut sebelumnya, KAR ss 15, akan rilis minggu ini dibarengi website resmi mereka. Kali ini penggunaan pelapis impor berbahan emas yang dinamain japanesse gold luster dengan padu padan keramik jadi penarik perhatian produk jewelry ini. Produk KAR bisa kita dapetin di Tuku Lawangwangi dan Goods Dept., bisa juga lewat ceki-ceki di Instagram mereka. Yuk!

—————————————

Instagram: @karjewelry

Foto: Alfian R Pahlevi

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *