Press "Enter" to skip to content

Brahmakumbara, Terlahir Untuk Melestarikan Budaya

Sebagey anak muda yang cinta seni, khususnya seni musik, walaupun mungkin banyak yang sukanya kebarat-baratan, tetep atuh kita harus melestarikan budaya kita sendiri. Apalagi Kota Kembang kita tercinta ini. Edan, pencitraan. Nggak ketang. beneran ini mah. Karena kalau di pikir-pikir yah, siapa lagi yang mau melestarikan budaya kita. Da masa we orang Uganda dititah melestarikan. Daek ih~

Ada yang penasaran nggak kenapa saya bahas-bahas bubudayaan? Ada atuh, biar saya bisa membahas sesuatu. Hahaha. Mau ngasih tau, nih, sekaligus mau bahas grup yang isinya sekelompok anak muda tampan dan berani. Siapa mereka, dan kenapa mereka terbentuk? Karena kesamaan visi dan misinya, yaitu; menjunjung tinggi nilai tradisi, mereka bikin satu grup dan karya-karya yang isinya yang hampir semua berhubungan dengan tradisi sunda. Edan beurat ieu kade.

Namanya, Brahmakumbara! Jadi, setelah mendengar-dengar dari sekitar, si mereka ini adalah anak-anak muda Bandung yang keren & kreatif pisan. Kenapa bisa gitu? Ya, kayak yang udah saya bilang tadi, mereka terbentuk karena punya kesamaan hobi dan keinginan yang sama. Bukan karena itu aja, menurut saya, karena mereka juga memiliki skill yang mumpuni buat bikin karya-karya khas tradisi. Sedap lah udah!

Awalnya karena penasaran, saya coba cek di Soundcloud mereka buat cari tahu si mereka. Ternyata, jengjengjeng, emang keren euy! Jadi spoiler, nih, dikit. Mau bahas lagunya, yah, biar kalian penasaran. Berjudul Duruwiksa. Dari deskripsi lagunya, sih, artinya mahluk biadab yang tidak memiliki welas-asih (cinta-kasih) manusia kepada sesama, alam semesta, dan mahluk hidup lain nya. Jero. Di awal lagu ini, dengan beraninya, Brahmakumbara mengisi hampir 2 menit lebih dengan hanya suara rebab yang menyayat dan merasuk. Hahaha. Udah itu, barulah diisi dengan beat perkusi dan scale-scale ala india yang wena’, bareng puisi-puisi yang makin bikin “nyunda” lagu ini. Udah ah, segitu aja jelasinnya, biar kalian penasaran terus denger sendiri. Hehehe.

Selain itu, Brahmakumbara juga punya kampanye yang ngajak kita semua, khusunya anak muda Bandung untuk nggak acuh apalagi ngelupain tradisi kita sendiri. “Selalu Mengingat dan Melestarikan Tradisi Leluhur Kita”, kira-kira itulah yang mereka suarakan. Yes, segitu dulu. Sukses dan sehat selalu, ya.
[soundcloud url=”https://api.soundcloud.com/tracks/250070026″ params=”color=ff5500&auto_play=false&hide_related=false&show_comments=true&show_user=true&show_reposts=false” width=”100%” height=”166″ iframe=”true” /]
________________________________________

 

Soundcloud: soundcloud.com/brahmakumbara

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *