Press "Enter" to skip to content

Bincang (Nggak) Santai Bareng “Piyer Boju”, Si Surat Tilang

Kemarin siang, saya berniat untuk makan siang di luar. Supaya nggak malu, tentunya saya cek dompet dulu, ngecek duit ada apa nggak. Ternyata ada. Alhamdulillah. Karena saya mau bawa mobil, saya harus cek SIM juga dong, masa bawa mobil nggak pake SIM? Ntar kalau kena razia urusannya panjang! Ternyata eh ternyata, pas dompet saya dicek, SIM-nya nggak ada dong! Ke mana, yah? Terus saya ingat, ternyata 2 minggu yang lalu, saya kena tilang di Jakarta. Ah sial! Pas dompet diubek-ubek lagi, ternyata ada surat tilang di dalemnya. Wuih, saya jadi terdakwa, coy. Yaudah, lah, emang saya salah juga. Lalu, tiba-tiba saya kepikiran, sigana bodor kalau ini surat tilang saya ajak ngobrol. Coba we lah, tanya-tanya tentang lalu lintas, kali aja dia tau gitu.

Oi Bang, bangun Bang, tidur mulu..

Surat Tilang: Y mz, gmn mz?

*Waduh kok begitu ? Jawabnya ?* Euhh, euh, apa kabar, emmm, mz?

Surat Tilang: Bae mz, mz zndiri gemana mz?

Eh, yaa.. baik sih.. jadi, namanya siapa mz?

Surat Tilang: Nama aseli sy Paimin mz, tp sy gnti nm jd Piyer Boju mz, biyar kyk di gerhana gitu mz piyer rolan, dan ngikut idola sy mz, Charly Panhoten.

Yaa, ya udah saya panggil Piyer aja gitu?

Piyer: y mz blh gpp mz.

Jadiii, tugas Mas Piyer ini gimana aja,sih, Mas?

Piyer: y mz, tgs sy y jd tnda kl mz ini melanggar lalu lintaz mz, mz waktu itu slh belok khn?

Mm, iya sih, saya emang biasa belok kayak gitu, soalnya di situ biasanya suka ada angkot banyak ngetem, dan saya nggak sadar kalau itu salah.

Piyer: Mw bela diri mz ? gbz mz, slh y slh mz.

*heuh anjir, kok jadi kzl sendiri gini sih ngejawabnya alpa gini jelema.. eh slip tilang teh* ya nggak bela diri sih mz, cuma ya aneh aja, kalau hari-hari biasa suka nggak ada polisi tuh di sana.

Piyer: Y mz, g mngkin dnk qt nyimpen polizi tiap hr di situ, khn tgs polizi bkn itu dowank.

Yaa, tapi tetep aja sih..

Piyer: G ad tp tp mz, slh y slh mz.

Iya udah, iya saya salah. Tapi saya ini warga negara yang baik loh, saya nggak coba nyogok.

Piyer: Y mz, mknnya y ad di dmpt mz.

Hmm, biasanya mz ini isi pelanggarannya apa aja sih mz?

Piyer: Mcm mcm mz, tp seringnya seh yg kyk mz gni, motong jalan, atau nerobos lampu merah mz.

Oh gitu, keitungnya pelanggaran berat nggak, sih?

Piyer: G mz, tp ttp aja lalai mz, bz mmbahayakan org lain.

Tapi,kan, pas kejadian saya mah lagi sepi gitu? Gimana mz?

Piyer: Y gbs mz. Hukum ya hukum. Kl mz ngedadak ada mobil dr arah lain, ntr tubrukan mz, JOZ GANDOZ.

Ah iya sih.. Jadi tetep aja yah, walaupun sepi juga ketertiban mah harus dijaga?

Piyer: Iy dng mz, kyk mlm mlm gt mz, jlnan dah sepi, sk ad yg ngebut nerobos lmp merah, klo twnya dr arah lain ada yg ngebut jg gemana mz, jeleger mz.

Betul sih.. Tapi banyak orang sini yang belum sadar, yah?

Piyer: Iy mz, mknnya qt ngadain operasi jebra.

Oh gitu?

Piyer: Y mz.

Banyak yang kena mz?

Piyer: Bnyk mz, kbnykn zeh yg lampu remnya dan sen-nya g nyala mz.

Ooh.. Oke deh… Jadi ini saya mesti ke pengadilan yah?

Piyer: Btl mz, ad tanggal sidangnya di situ.

Eh bentar, kalau SIM saya ditahan, ntar kalau kena razia lagi dan saya ditanyain SIM lagi gimana?

Piyer: Y g gemana gemana, kzh liat aja sy.

Oh, oke. Satu lagi deh mz, kok ngomongnya bikin kzl gitu mz?

Piyer: Y mz, sy keselek biji kedongdong zmlm mz.

Oh pantesan. Oke deh, makasih, mz Piyer!

Piyer: sm-sm mz, titidije mz.

Saya lalu memasukkan surat tilang Piyer ini ke dompet. Dan kehidupan saya kembali normal lagi. Alhamdulillah. KZLK MZ.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *