Press "Enter" to skip to content

Bersepeda Bersama Mr. Sonjaya di Single “Gadis Bersepeda”

Ayo, ingat-ingat kembali kapan warga kreatif terakhir kali memakai sepeda untuk beraktivitas? Memang dengan kondisi jalanan Bandung yang nggak selamanya datar bukanlah opsi mudah untuk memutuskan menggunakan sepeda. Tapi, dibandingkan Jakarta yang berlokasi di dataran rendah, justru Bandung masih memungkinkan warga kreatif untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Eh tapi ya, saya masih jarang liat anak-anak muda Bandung yang beraktivitas menggunakan sepeda. Mungkin ini ada hubungannya dengan karakter anak muda Bandung yang fashionable, sehingga jika memutuskan menggunakan sepeda dikhawatirkan malah kesangan, terlebih lagi jika akang-akang ganteng nan menawan tersebut memakai pomade. Padahal sepeda itu selain membuat badan kita seger juga mampu mengurangi polusi udara dan mencegah semakin memburuknya efek global warming. Hampura nguliahan~

Melihat gejala ini, band folk asal Bandung, Mr. Sonjaya, merilis single ke-2 dari album Laras Sahaja (2015) yang berjudul Gadis Bersepeda. Oh ya, ngomong-ngomong, album Laras Sahaja udah resmi dirilis dan dijual dalam bentuk fisik (CD) mulai bulan Januari ini. Seperti dalam siaran persnya, adalah seorang gadis remaja yang diangkat Mr. Sonjaya di lagu ini yang berusaha membuat “perlawanan” atau “protes” terhadap kondisi polusi udara di Kota Bandung, dengan cara memberikan aksi solutif terhadap apa yang ia perjuangkan, yaitu udara segar dan bersih.

Lagu yang diciptakan sang vokalis, Dimas Wijaksana, ini terinspirasi dari beberapa komunitas sepeda yang secara konsisten menggunakan sepeda sebagai alat transportasi di dalam kota, meski mungkin kurang cukup revolusioner sebagai sebuah gerakan. Single ini dirilis karena dirasa energi positif di lagu tersebut harus disebar lebih luas lagi. “Agar pesannya lebih nyampe,” jelas Dimas.

Mr. Sonjaya cukup cerdas, bagaimana aransemen musik dalam lagu ini membuat saya membayangkan suasana bersepeda di jalanan Bandung. Lagu berdurasi tiga menit lima puluh detik ini bakal bikin warga kreatif sebentar saja diliputi perasaan riang. Bagi saya lagu ini menjadi medium yang tepat untuk mengingatkan kalian agar menggunakan sepeda ketimbang kendaraan bermotor. Jadi, warga kreatif nggak hanya mengeluh cuaca Bandung yang menjadi hareudang dan macet, namun ikut beraksi mengatasinya. Sekian, kuliah hari ini selesai.

Mau denger dan unduh lagu Gadis Bersepeda secara legal? Mangga langsung menuju ke sini.

___________________________

Twitter : @mrSonjaya_id

Soundcloud : soundcloud.com/mrsonjaya

Foto : dok. Mr. Sonjaya

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *