Press "Enter" to skip to content

Berselancar, Menjelajah Dunia Bersama “Couch Surfing”

Couch Surfing? Hah, berselancar di sofa? Ya gila aja kali, berselancar mah di laut! Eh tapi di Bandung ada laut? Sejak kapan? Hey hey, ini komunitas traveling bukan tempat belajar surfing. Sini dikasih tau deh. Couch Surfing (CS) ini adalah komunitas traveling yang awalnya dibuat berkat inisiatif Casey Feton tahun 1999 yang saat itu berdomisili di Boston, Massachusetts, US. Kirain di Cicadas.

Awalnya Casey Feton dapet tiket murah ke Iceland. Setelah itu dia coba kontak mahasiswa yang tinggal di sana, tujuannya buat nyari tempat tinggal gratisan. Setelah merasakan pengalaman itu, dia kepikiran untuk melanjutkan kegiatan ini yang disebut hospitality network. Akhirnya berkembanglah dan hingga saat ini kantor pusat Couch Surfing berada di San Fransisco.

Ada beberapa istilah yang dipakai di komunitas Couch Surfing, yaitu para membernya disebut couchsurfer atau disingkat CSer, surfer bagi para tamu, dan host bagi si tuan rumah. Sistem dari komunitasnya kayak gini, nih, dikasih contoh deh, ya. Misalnya kamu mau traveling ke Timor Leste, udah gitu kalian tinggal message aja ke member Couch Surfing yang ada di Timor Leste. Kalau ada tempat yang available buat ditebengin, kamu bakal diundang ke tempatnya dan nginep di sana. Wow!

Jadi makin hemat, nih, biaya traveling-nya, soalnya kita nggak keluar biaya buat akomodasi lagi. Selain itu keuntungannya adalah kita tinggal bareng orang lokal dan pengalamannya pasti beda banget. Karena orang lokal, kan, biasanya tau tempat-tempat yang nggak mainstream, traveling-nya pasti lebih seru dari biasanya!

ngobrol santai bareng member CS
Ngobrol santai bareng member Couch Surfing.

Di Indonesia sendiri, komunitas ini sudah ada sejak tahun 2006 dan hingga tahun 2012 sudah terkumpul sekitar 30 ribuan member yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini memudahkan kita untuk bisa traveling ke penjuru Nusantara, karena di mana-mana ada Couch Surfing! Mau ke Toraja, kontak aja member di Toraja, mau ke mana lagi? CSer udah ada di mana-mana, boy!

Nah, kamu tau, kan, Bandung ini nggak pernah nggak up to date kalau masalah komunitas, apalagi komunitas traveling kayak gini. Jadi dipastikan nggak usah diragukan lagi komunitas ini hadir di kota Bandung untuk membawa kesegaran dalam dunia traveling. Salah satu gegedug yang aktif banget adalah Aurora Wibrianne atau biasa dipanggil Aure. Do’i merupakan CouchSurfing Moderator.

Sedikit info, nih, Aure udah ke China, Hongkong, Singapura, Laos dan Thailand berkat Couch Surfing, dan juga sempet jadi host buat para surfer yang dari luar negeri maupun luar kota. “Yang bikin beda Couch Surfing itu ada budaya yang terbentuk di CS, yaitu hospitality yang tinggi banget. Temen-temen kalau lagi traveling dan butuh bantuan, coba hubungi member CS yang ada di kota tujuan aja, pasti ditolong banget,” kata mbak Aure. Asik banget, ya, jadi anggota CS, ke mana-mana gampang dan pasti ada yang bantu!

Selain traveling, kegiatan lain yang diadakan Couch Surfing terutama di Bandung adalah tuker-tukeran cerita tentang pengalaman traveling, mau pas jadi tamu, jadi tuan rumah atau pas jadi batu. Nggak ketang. Kadang ada pertukaran budaya melalui dancing class, volunteering, bakti sosial, house party, reading club yang membahas dan berdiskusi tentang buku dalam bahasa Inggris, nonton bareng, karaokean dan banyak lagi yang lainnya. Semua member disatukan oleh passion yang sama: hospitality, tourism dan travel.

asik, sini atuh foto dulu!
Sini foto dulu, biar di-tag di FB~

Sekedar berbagi saran, nih,  buat kamu yang mau traveling, ada sedikit tips dari Couch Surfing. Kamu mesti bisa membedakan apa itu traveling dan apa itu vacation. Kalau traveling nggak cuma sekadar jalan-jalan aja, kita bisa mendapatkan “sesuatu” dari tiap perjalanan yang kita lalui melalui kehidupan masyarakat lokalnya ataupun dari makanan daerah itu sendiri. Makanya anak traveling tuh kadang zen mode on banget orangnya. Namanya juga di daerah yang baru dijejaki, jadi kamu mesti sopan sama warga sekitar dan berusahalah untuk ramah.

Jangan lupa juga untuk mempelajari beberapa kosakata daerah yang akan kamu kunjungi, biar makin akrab kayak udah ce’es pisan gitu. Dan biar nggak bingung saat ke daerah yang mau kamu tuju, cari tau dulu wisata atau kawasan apa aja yang mau kamu datengin. Biar perjalanan kamu ke sana nggak bingung lagi. Kalau kebingungan, kamu harus tetap survive! Masa traveler lemah. Tapi tenang aja, kalau masih bingung tanya aja sama host-nya, mereka pasti bisa membawamu ke tempat-tempat yang nggak kamu sangka.

Setelah menyimak keseruan dari Couch Surfing, masa, sih, masih nggak minat juga buat ikutan. Bahkan mbak Aure merepresentasikan Couch Surfing hanya dengan 3 kata aja, “adventure, is here”. Well, masih nggak mau ikutan juga? Maneh euy~ Yuk, berselancar menjelajah dunia bersama Couch Surfing!

_______________________

Couch Surfing

Web : couchsurfing.com >> Find Local Discussion : Bandung

Twitter : @couchsurfing  | @couchsurfingbdg

Instagram : instagram.com/couchsurfing

 

Foto : dok. Couch Surfing

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *