Press "Enter" to skip to content

Bersama Menikmati Kebisingan di “Quite Loud Is Not Enough”

Kebisingan yang berasal dari raungan gitar dan hentakan drum memenuhi ruangan Chinook Café & Resto pada Minggu (26/10) malam. Ternyata di tempat tersebut Postrock Bandung dan A Creators Project lagi bikin suatu gelaran yang dinamain Quite Loud Is Not Enough. Ada sejumlah band ciamik yang udah siap buat manjain para penggemar post-rock pada malam itu, yaitu Memoria Phobia, Afternoon Say, Ansaphone, Under The Big Bright Yellow Sun dan satu band asal Tangerang, yaitu Fuentes.

Acara ini dimulai sekitar jam 7 dengan penampilan dari Memoria Phobia. Musik yang dibawain sama mereka ini ngingetin saya sama band asal negeri Britania Raya, yaitu Maybeshewill. Kombinasi antara  gitar berdistorsi, gebukan drum yang enerjik dan juga dentingan suara piano yang manis sukses bikin suasana café jadi cukup panas. Mereka juga ngasih suatu kejutan yang awesome pisan kalau menurut saya. Di lagu terakhir, mereka kolaborasi dengan pesinden. Sinden? Iya sinden! Pada lagu berjudul Hujan Poyan itu, mereka bikin kombinasi antara musik khas post-rock dengan nyanyian langgam sunda yang hasilnya.. cukup bikin saya speechless dan merinding! Epic!

Selanjutnya ada penampilan dari Afternoon Say. Kalau pada penampilan band sebelumnya penonton dengan santun dan khidmat nikmatin dengan cara duduk bersila ala-ala nonton layar tancep, pas Afternoon Say tampil para penonton disuruh berdiri sama MC. Bukan apa-apa, sih, soalnya pengunjung yang mau nonton padet banget, sampe numpuk di pintu masuk. Beuh edyan pisan emang antusiasme para pecinta post-rock malam kemarin. Tapi nikmatin penampil kedua ini mah, emang enak sambil berdiri, sih, soalnya para personilnya maceuh semua pas maen, terutama bassist-nya, teu daek cicing pisan. Kalau sambil duduk mah, palaur katincak. Haha.

Penonton Santun.
Penonton santun.

Fuentes yang merupakan band “impor” akhirnya kebagian jatah main. Band yang tampil dengan formasi baru ini ngebawain beberapa tembang andalan mereka, diantaranya 5 Years Later, Pekat dan Mola-Mola. Beberapa penonton di barisan depan akhirnya pada duduk lagi, pada cangkeul meureun, ya, ai berdiri terus mah. Dengan beranggotakan 3 aa-aa kasep, Fuentes sukses bikin penonton makin betah dengan musik math-rock yang mereka bawain.

Para personil band ini keliatan asik banget maenin musiknya, terbukti dengan bassist dan gitaris yang lebih sering membelakangi penonton dan juga merem-melek nikmatin musik yang mereka bawain sendiri. Tapi yang menarik perhatian saya mah drummer-nya, sih. Dengan gaya yang enerjik, do’i berhasil bikin penonton berdecak kagum dengan ngebawain beat-beat ganjil ala math-rock yang walaupun terdengar kagok, tapi tetep enak didenger.

Ansaphone yang merupakan salah satu gegedug post-rock Bandung jadi penampil berikutnya. Nggak seperti band-band sebelumnya, Ansaphone tampil berbeda dengan membawakan musik yang diberi vokal. Pada kesempatan ini, mereka mengumumkan bahwa mereka merilis sebuah kaset yang berisi single berjudul Frame. Kaset tersebut dikabarkan sold-out bahkan sebelum mereka naik ke atas panggung. Kewl. Pada penampilannya, mereka seakan-akan mengajak penonton untuk rehat sejenak dengan komposisi musik yang nggak terlalu keras dan nada-nada keyboard yang dreamy.

Fuentes.
Fuentes.

Dan penampil terakhir pun akhirnya bersiap-siap, siapa lagi kalau bukan Under The Big Bright Yellow Sun. Band yang sudah mengeluarkan 2 album ini membawakan single-single yang pastinya udah nggak asing lagi di telinga para penggemarnya. Sebut saja ada Breath Symphony, Good Morning Sunshine, Shocked After Stress, In Hope I Die dan Threshold mereka bawakan dengan apik. Dengan rangkaian efek gitar yang njelimet, mereka sukses membawa suasana klimaks sebagai penutup dari acara Quite Loud Is Not Enough ini.

Saya salut banget sama penonton acara ini, soalnya para penonton cewek dan cowok bisa berbaur di tempat yang super-duper padat ini. Dan alhamdulillah nggak ada insiden yang nggak diinginkan. Buat kalian yang kemarin nggak sempet datang, jangan khawatir. Kabarnya Postrock Bandung bakalan menggelar acara lagi di tanggal 9 November mendatang di tempat yang sama dengan tajuk Walk To Garage #4. So don’t forget to mark your calendar, guys!

One Comment

Comments are closed.