Press "Enter" to skip to content

Belajar Ukulele bareng Ukeba, Yuk!

Memasyarakatkan Ukulele dan meng-ukulele-kan masyarakat. Iya, itu tagline Ukeba (Ukulele Bandung), biar orang lebih ngenal lagi Ukulele. Siapa, sih, yang nggak tau Ukulele?  Cie.. Nah, siapa Ukeba? Nih!

Adalah Igo dan Ario dan Ganjar, penemu dari komunitas pencinta ukulele ini. Malam itu, Senin (11/8), kami ngobrol panjang lebar soal komunitas ini. Awalnya, bukannya nanya-nanya tentang apa itu Ukeba, tapi langsung disambut hangat untuk belajar Ukulele. Iya hangat, seperti hangatnya hatiku setiap kali ketemu Igo, ganteng atulah. Eh..

Sesuai dengan tagline-nya, Ukeba ingin banyak orang lebih mengenal Ukulele. Pertama kali dikeluarin Ukulelenya, aku langsung dikasih pinjem dan diajarin 4 chord yang ternyata gampaaaaaang banget. “Jadi gimana perasaan pertama kali megang ukulele??” kata Igo setelah ngajarin saya main Ukulele. “Senang, Go !!” jawabku. “Jadi, ini siapa sebenernya yang di Interview??” celetuk Igo. Maaf atuh, terlalu bahagia.

“Ukeba itu nggak harus daftar, jadi siapapun yang main Ukulele, ya, itu Ukeba”, sambung Ario yang ternyata sepupu Igo. Ukeba tuh awalnya bertiga, Ario si lelaki bertahi lalat imut, Igo si mata sipit, dan Ganjar punya Ukulele bagus dan mahils buatan orang Jogja. Jadi, mereka bisa disebut gegedug,lah.

“Awalnya kan bertiga, saya bikin fanpage di Facebook. Ternyata yang like lumayan lah, yang respon bagus,” lanjut Ario nyeritain tentang awal mulanya Ukeba. Setelah banyak respon positif dari pecinta Ukulele lain, Igo nyerita awal pertemuan mereka. “Jadi waktu siaran saya dulu, wah urang boga acara yeuh, yaudah ajak komunitas sendiri aja buat kopi darat di acara radio itu. Dan ternyata di hari-H banyak yang dateng, ada mungkin 15 orang, ya. Ada yang dari Jakarta satu orang, ada yang pake motor dan ada yang turun dari angkot bawa Ukulele dateng ke radio itu,” katanya. Jadi, deh, tanggal 12 Maret 2013 komunitas ini terbentuk. Selamat!

Ukeba Squad

Eh, ternyata mereka iseng-iseng berhadiah bareng komunitasnya, lho! Mereka suka diundang untuk main disatu acara, maka dibentuklah Ukeba Squad semacam band yang nyanyiin lagu tapi semuanya main pake Ukulele. “Bukan bermaksud awalnya bikin band, tapi, ya, itu karena diminta temen buat ngisi acara”, ujar Ario.

Batu loncatan mereka itu katanya waktu diundang di acara launching buku Sudjiwo Tedjo di Landmark, Bandung. Dan Sudjiwo Tedjo itu ternyata tertarik dengan Ukeba loh, berarti? Kereeeeen kan!! Bukan cuma dikenal di Bandung ternyata, Ukeba udah pernah diminta manggung di Pamekasan, Madura tapi sayang acaranya gagal. Paling jauh, sih, katanya manggung di Yogyakarta.

Mau juga kayak Ukeba Squad? Coba deh, kalian dateng aja ke Taman Musik setiap hari Minggu jam 09.00 sampai jam 17.00. Tapi, sebelum dateng cek dulu timeline twitternya, kali mereka nggak disana karena manggung di tempat lain.

Meskipun kalian nggak punya Ukulele, kalian bakalan dipinjemin kok, tenang! Mereka siap untuk ngajarin kalian main Ukulele, dan ngejelasin macam-macam Ukulele. Atau, kalau kalian ingin sekedar nontonin mereka main, boleh banget kok, karena mereka setiap ngumpul pasti berasa konser aja disitu.. Dan buat yang mau belajar Ukulele tapi diluar Bandung, tungguin aja tahun ini bakalan ada video di Youtube kolaborasi Ukeba dan Indonesian Ukulele Community untuk ngajarin kalian Ukulele dengan mudah.

Bahagianya lagi, nih, selama kami ngobrol tentang Ukeba ini, mereka selingi dengan main Ukulelenya, mulai dari lagu galau, cicintaan, dangdut, sampai lagu Metallica dijabani dengan Ukulelenya. Daaaan mereka atraksi nyanyiin lagu bertiga, beda-beda lagunya, dannyambung tanpa henti. Karokean aja itu mah, udah. Diakhir ngobrol sama mereka, karena tempat kami ngobrol itu udah mau tutup, mereka dengan bangganya nunjukin Mars Ukeba. Meleleeeeeeh adek, Bang..

Sebelum gabung sama Ukeba, aku kenalin sedikit dulu sama alat-alat musiknya nih, Bang! Ternyata nggak cuma ada ukulele aja.

Uke Bass

Awalnya,sih, Uke Bass ini udah ada di luar negeri sekitar tahun 2012, tapi di Bandung belum masuk. Dan ternyata, di komunitas Ukeba ini ada Andi Mahardika yang suka buat Ukulele handmade, Uke Bass inilah prototipe-nya Andi. Yang dipake sampai sekarang oleh Igo buat manggung. Dan mungkin, ini satu-satunya Uke Bass yang dibuat handmade pertama di Indonesia. Kewl abz!!

Ukulelenya Ganjar

Udah ngobrol banyak, tentang harga Ukulele yang dimulai dari harga 300ribu sampai puluhan juta, macem Ukulele yang berbahan solid dan laminate, dan yang berjenis soprano, concert, tenor, baritone, dan bahas segala rupa. Eh, ai Ganjar baru dateng dan langsung ngeluarin salah satu Ukulelenya yang berbahan dasar dari kayupohon buah mangga, nih kaya gini. Coraknya bagus, kan?? di Amerika sana, Ukulele ini termasuk Ukulele yang mahal, karena seratnya yang timbul alami dari kayu pohon buah mangga ini.

Kazoo 

Alat musik tiup yang suaranya kaya Saxofone ini namanya Kazoo!! Mau tau bunyinya? Ya, Saxofone aja gimana, bedanya sumber suaranya berasal dari pita suara peniupnya. Jadi, kalau pas niup suaranya fals, salahin pita suara kamu. Penasaran? Temuin mereka!!

___________________________________________________

Twitter : @ukeba_

Web :www.ukulelebandung.com

Facebook : https://id-id.facebook.com/Ukeba.UkuleleBandung

 

Foto: Fika Kartika

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *