Press "Enter" to skip to content

Belajar Jadi Entrepreneur di “Made A Business Last Weekend with Startup Weekend”

Jumat (10/04), di hari yang nggak hujan dan sorenya Bandung mulai macet menjelang akhir pekan, jalan Dipatikur diramein sama event yang dibikin sama Startup Weeked Bandung, tepatnya di Co&Co Space. Acara yang katanya “for entrepreneurs” ini ternyata diramein sama developer, designer, mahasiswa, dan pastinya sang entrepreneurs.

Acara Startup Weekend Bandung ini adalah tempat dimana para peserta yang dateng bakal ngumpul untuk bikin bisnis baru dalam waktu 54jam! Wiiih gejolak ide harus membara nih pesertanya. Di hari pertama acara habis dinner bareng, peserta dikenalin Anna Reherman dari Growth Hack Asia yang jauh-jauh dateng dari negara sebelah.

ini dia Anna yang ntik ituh
ini dia Anna yang ntik ituh lagi ngasih itro buat peserta

Yohan yang jadi fasilitator bilang, kalau goal dari acara ini adalah how to create your business, jadi para peserta harus punya ide dan skill apa yang dibutuhkan untuk mencapai itu. Jadi goal-nya bukan mau bikin bisnis bareng, tapi semoga aja di antara para peserta ada yang nyantol dan bikin bisnis bareng kedepannnya.

Oke saatnya berbagi ilmu dari acara ini. Dari para mentor yang jadi pembicara, emang katanya nggak gampang buat jadi seorang entrepreneur. Tapi buat kamu yang pengen nyoba jadi entrepreneur, kamu bisa mulai dengan permasalahan yang ada, mencari ide yang baik dengan eksekusi yang baik juga. Contohnya,nih, kemaren waktu peserta disuruh nge-pitch sama mentor, ada salah satu peserta yang punya ide gini, “biasanya orang – orang yang suka nonton konser pada pegel gara-gara nggak bisa duduk, saya mau bantu orang yang suka nonton konser dengan bikin produk kursi lipet yang bisa dibawa kemana-mana terus ada powerbank nya biar bisa sambil nge-charge (handphone)“.

Nah ide kayak gitu kan kreatif! Kalau didukung sama eksekusi yng baik jadi makin mantaap. Langkah sederhananya lagi, kamu harus jadi orang yang open minded, soalnya kamu bakalan ketemu orang banyak yang ngasih saran. Terus tentunya kamu harus punya tim yang sesuai dengan ide kamu dan kamu harus percaya sama tim sendiri dooong. Terus, jangan mau cepet-cepet sukses! Liat si Steve Jobs atuh dia juga perlu waktu bertahun-tahun untuk ngebangun si gigitan Apple yang mendunia. Yaaaa pokoknya semangat aja buat yang mau jadi entrepreneur! ayo buat dunia ini lebih baik lagi dengan ide-ide keren kalian! lakukan!

_______________________________________________

foto: Ade Bambang

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *