Press "Enter" to skip to content

“Bandung Idea Community Sharing”, Sebuah Kolaborasi untuk Bandung

Jumat (9/1) sore di sudut jalan dekat salah satu taman kota, aku ngeliat ada kumpulan sejumlah komunitas yang lagi berbagi ide. Taunya mereka lagi meramaikan Bandung Idea Community Sharing, acara yang digagas oleh Acreators Project Bandung. Acara ini digelar di tempat yang nggak kalah kerennya, Butcher’s Bill, bertempat di Jalan Taman Pramuka No. 165.

Kesan pertama pas sampai di acara ini adalah aku merasa jadi anak kreatif Bandung gituloh, bisa dateng dan ngeliat kreativitas warga Bandung yang nggak bisa terbendung lagi. Bayangin aja ya, ada 20 komunitas yang dateng ke sana, dan tempat yang udah segitu kerennya masih nggak cukup menampung deh. Diliat dari cara mereka berpakaian dan nongkrongnya aja udah keliatan banget kalau mereka emang komunitas kreatif yang cinta sama Kota Bandung.

Serius amat
Serius amat.

Acara ini emang gebrakan awal tahun banget! Dari 20 komunitas yang dateng, penyelenggara berharap setelah berbagi ide lewat acara ini, mereka dapat berkolaborasi membuat sesuatu yang wah untuk Bandung. Iya, karena memang acara ini tujuannya adalah untuk menjadi pemicu terjadinya kolaborasi antar komunitas. Kebayang aja gitu kan, ya, komunitas yang terbagi di bidang musik, fotografi, fashion dan visual art bersatu, gimana coba jadinya. Biasanya kalau udah bersatu tak bisa terkalahkan. Edan edan.

Selain untuk berkolaborasi, salah satu benefit ikut acara ini adalah komunitas akan diikutsertakan dalam acara yang diagendakan oleh Acreators Project Bandung, yang notabene acara-acara ke depannya itu bakal jadi acara kreatif se-Bandung lah. Salah satu contohnya acara LocArt 2014 kemarenan. Eits, jangan salah, komunitas ini tuh nggak akan hanya terkenal di Bandung aja, Acreators Project punya jejaring kreatif yang tersebar di 11 kota. Kesempatan untuk mengembangkan kreativitas nggak hanya di Bandung aja, melainkan se-Indonesia!

asa kenal eta euy, mas-mas pameran Jackpot ya?
Asa kenal eta euy. Mas-mas pameran Jackpot, ya?

Komunitas yang hadir dan punya kesempatan untuk presentasi di depan orang-orang emejing dan emerging lainnya adalah komunitas Imagi, Bandung Youth, Imadji, Kamar Kecil, UK Project, Bandel, Parang, GIMS, Kaldera, Bulb, Cekas, Wanggi, Avipictures, Al[i]ve, Hall of Records, Ganiati, Wayang Cyber, Yifi, Uvisual, POT dan Yamasurih. Mereka dapet kesempatan untuk presentasi ide ataupun proyeknya secara singkat padat jelas dalam waktu 7 menit aja. Kalau lebih dipiriwit kayak tukang parkir gitu.

Ide-idenya tuh yang unik-unik banget hayoh, nggak percaya, ya? Ya pada nggak dateng, sih. Ada nih, ya, salah satu ide yang bikin kzl tapi fun, ide itu muncul dari Cekas. Mereka mau bikin Photobox Street gitu, pasti dipikiran kalian mah photobox yang biasa gitu, kan? Jadi Photobox Street ini salah satu bentuk kegiatan sosial untuk pelestarian fauna. Caranya?

Jadi kalian masuk tuh, ya, ke box yang ada di jalanan, udah gitu kan kalian foto-foto tuh. Nah, pas kalian mau ambil hasil photobox-nya yang keluar bukan foto kalian, melainkan foto hewan yang terancam punah tersebut dan ada caption-nya juga yang bilang kalau uang kalian itu disumbangkan untuk hewan-hewan tersebut. Iya kalau yang keluar teh hewan lucu kek panda, kalau monyet? Nggak boleh ngambek, kan donasi.

bapak-bapak Ukeba yang kreatif ngets
Bapak-bapak Ukeba yang kreatif ngets.

Selain presentasi dari komunitas-komunitas, ada juga band performance dari Parahyena, Munthe dan Ukeba. Band yang tampil ini juga nggak kalah kerennya, pokoknya mah asik ada di acara ini. Tempatnya asik, orang-orangnya asik, musiknya juga asik. Bener juga kata Gagi, project leader Acreators Project Bandung, “Acara malam ini tuh bukan untuk kompetisi, tetapi untuk silaturahmi komunitas-komunitas yang ada di Bandung”. Yap, mereka semua nggak berkompetisi, mereka turut menjadikan Bandung Juara dengan ide-idenya!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *