Press "Enter" to skip to content

Asiknya Jajan Rock di “Record Store Day 2015”

Bulan April merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh para pemuja rilisan fisik di seluruh dunia. Kenapa? Soalnya setiap hari Sabtu ketiga di bulan tersebut, ada sebuah gelaran akbar nan mendunia bertajuk Record Store Day. Sedikit info buat yang masih asing, Record Store Day pertama kali dicetuskan pada tahun 2007 di Amerika yang kemudian menyebar ke seluruh dunia dan tetap bertahan sampai saat ini. Ntap buoz.

Pada setiap gelarannya banyak band melepas materinya entah itu rilisan baru ataupun re-issue, partisipannya banyak banget, mulai dari band-band indie underrated sampai band sekelas Metallica pun pernah merilis karyanya bersamaan dengan Record Store Day. Edan atuh. Kalau buat saya sendiri, ini adalah tahun kedua saya datang ke acara yang hitz nan hype ini.

Nga cuma lapakan kaset doangan, mz. Sepokat sama maenan juga ada.
Nggak cuma lapakan kaset doangan, mz. Sepokat sama maenan juga ada.

Buat Bandung, setelah tahun lalu diadakan di Auditorium IFI, untuk tahun sekarang, gelaran Record Store Day yg jatuh pada tanggal 18 April ini berlangsung di sebuah toko kesayangan buat orang-orang yang sering nyari rilisan fisik, beli tiket konser atau merch band. Yaap, di Omuniuum! Selain Omuniuum selaku yang punya tempat, berbagai lapak seperti Alter.naive, Manstrale, The Ruslan, Heiguys, Grimloc Recs, Ototo Store, Sleborz dan Pemandangan juga turut hadir menjajakan dagangannya.

Eits, tapi nggak cuma ada lapak dagangan doang, kok. Acara ini juga dimeriahkan sama acara talkshow bertema “Anda Bertanya, Omu Menjawab”, pameran dari A Stone A, dan pastinya pertunjukan musik yang terbagi menjadi dua sesi. Tetangga Pak Gesang, Teman Sebangku, Nadafiksi dan Mr. Sonjaya, pada sesi siang yang juga sekaligus melakukan live recording dan hasilnya langsung dijual hari itu juga. Serta Bottlesmoker (DJ Set) dan Terbujur Kaku buat sesi malamnya.

Duo Tetangga Pak Gesang yang lucu nan menggemaskan.
Duo Tetangga Pak Gesang yang lucu nan menggemaskan.

Acaranya kalau menurut saya nggak semeriah tahun lalu, tapi sayang banget kalau dilewatin. Soalnya ada beberapa rilisan eksklusif yang dirilis di sana, diantaranya kaset A Stone A, Bundling DVD + Kaset Melacholic Bitch dan kaset demo awal dari Muchos Libre. Pada asoy lah pokoknya rilisan-rilisan yang ada disana. Setelah datang ke acara Record Store Day kemarin, saya berasa jadi indie banget, entah kenapa. Ahaha.

Buat yang nggak datang, selamat menyesal. Akhir kata, selamat hari besar para pencinta rilisan fisik di seantero dunia! Bhay~

Foto: Ade Bambang Kurnia

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *