Press "Enter" to skip to content

Album: Woodcabin & Whatthesparrowdidtoyou – WxW Split EP

Siapa bilang kalau cuma dua hati aja yang bisa digabung jadi satu package? Buktinya, ada Woodcabin. asal Jatinangor sama Whatthesparrowdidtoyou asal Depok yang menggabungkan lagu-lagu mereka dalam satu split ep dan dikasih nama WxW. Meskipun LDR-an, harmonis aja tuh. Dirilis 13 November kemarin oleh Sailboat Records dan dijual bebas dalam bentuk digital dan cassette tape yang berisikan 4 track. Padahal udah jarang yang punya pemutar kaset di rumah. Mungkin, bentuk fisik ini akan menambah nilai unik dari konsep penggabungannya dan juga lagu-lagu yang mereka persembahkan di sini. Cover albumnya juga unik, gambar bagian pinggang ke bawah dari siswi SMA Jepang, ada roknya kok, nggak bugil. Kawaii.

Langsung aja deh, track pertama ada Hayy, judulnya lucu ya, buat ngegodain gebetan. Kayak yang manggil padahal nggak. Lagu dari Woodcabin. ini, yang mengusung genre twinkle emo, baru tau kan? Sama. Dengan petikan gitarnya yang manis serta beat yang dihasilkan dari drum dan bassnya memberikan satu sinergi tersendiri. Walau nyanyinya sambil teriak-teriak dan pas reff kerasa musiknya kayak yang lagi balapan F1, terus salip-salipan hampir mau nabrak tapi untungnya nggak jadi nabrak. Jadi bagus. Nggak kayak saya, mau nyalip kamu dari dia malah nabrak melulu.

Track ke-2 masih dari Woodcabin. Sebenernya, lagu aslinya dari Whatthesparrowdidtoyou, The Art Common of Internet Living. Lagu yang sebentar tapi bisa memberikan kesan yang longlasting. Dibawakan dalam format akustik nan santai dengan lirik yang mudah diingat, “Why are you so far away?” penggalan liriknya bikin ingat pacar yang nun jauh di sana, di masa depan. Heuheu.

Sekarang giliran Whatthesparrowdidtoyou yang nongkrong di track ke-3 dengan Remedial Chaos Theory. Musiknya nggak beda jauh sama Woodcabin., suara gitar yang renyah dan vokal yang ngagerung kayak knalpot RX King tapi enakeun menjadi identitas musik mereka, yang membedakan di sini mereka memiliki part yang bisa dibilang intermezzo, ada bagian rap-nya. Bener-bener unik lagunya, cocok buat soundtrack untuk pergi ke kampus di pagi hari.

Di track ke-4, Whatthesparrowdidtoyou gantian meng-cover lagunya Woodcabin., judulnya Hipeopletesa. Mungkin yang berdomisili di Jatinangor tau persis bakal memplesetkan judul lagunya kemana. Hehe. Dibuka dengan dentuman bass yang membuat kaki pengen menghentakan bumi dan badan yang ingin mengikuti iramanya. Dengan rapih, mereka berhasil memberikan hal menarik di dalam lagu yang liriknya gitu-gitu aja. Sama kayak hubungan kita, gitu-gitu aja. Saya suka banget sama kamu, kamu suka banget sama dia.

Mereka berhasil memberi inovasi baru dengan musik-musik mereka. Kedengeran banget kok kalau mereka memiliki influences yang berbeda dari tiap personel dari dua band ini tapi mereka bisa ngebuatnya selaras sama apa yang mereka inginkan, syahdu deh jadinya. Dengan adanya split EP ini, bisa menjadi pertimbangan buat band-band yang kekurangan dana, jadi bisa patungan untuk membuat album. Bisa jadi alasan juga buat memperkuat tali silaturahmi, mungkin.

Eh, lupa. Waktu mereka membuka sesi pre-order, mereka ngasih extra, yaitu poster yang cihuy. Tapi saya nggak beli pas pre-order, sial. Pokoknya, terima kasih serta sukses buat Woodcabin. dan Whatthesparrowdidtoyou atas bentuk rilisan WxW yang unik ini. Twinkle emo yang disajikan juga asyik. Walau sayang, album ini menjadi rilisan terakhir dari Whatthesparrowdidtoyou.

 

 

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *