Press "Enter" to skip to content

Album: Vague – Footsteps

Masih teringat jelas, ketika menemukan link download EP mereka di sebuah situs entah apa itu lupa, menjadi perkenalan yang manis antara saya dengan musik post hardcore. Tentu download yang legal. Entah harus dibilang apa baiknya musik mereka ini, yang pasti mereka menyelamatkan telinga saya dari bebunyian pop melayu. Vague!

Adalah Yudhistira (gitar/vokal), Januar Kristianto (drum) dan Gary Hostage (bass/vokal) yang menjadi aktor dibalik musik enak Vague. Yap, Agustus lalu, mereka merilis album Footsteps dalam format kaset lewat Ruangkecil Records. Sebenarnya album ini juga dibikin format CD melalui label Sonic Funeral Records, namun jadwal perilisannya molor akibat kesalahan produksi. Well, kita nikmati dulu apa yang sudah ada.

Footsteps versi kaset ini menyuguhkan 9 lagu segar, serta memasukkan 3 track lama, diambil dari Vague EP. Keren, menjadikan kamu-kamu tau bahwa musik mereka yang sekarang lebih mantap dari rilisan sebelumnya. Dibuka oleh lagu yang berjudul sama dengan nama albumnya, Footsteps, genjrengan gitar Yudhis langsung menyambut telingamu. Vague membuka album ini dengan sedikit santai, sampai pada part dimana Gary memainkan bass dengan statis mengajakmu rehat sejenak dari hasrat ber-moshing ria. Awal yang nggak begitu berkeringat.

Selanjutnya, kalian tentu nggak asing dengan track ke-2, Inadequate,  single pertama dari album Footsteps yang dilempar ke media. “Sometimes, I feel inadequate. At times, I feel inadequate,” lirik terba’aks yang terngiang di kepala. Menuju track Retreat dan A Giant Blur, saya lebih fokus pada lengkingan gitarnya yang ajaib.

Entah, saya nggak bisa membayangkan musik Vague tanpa sentuhan magis Yudhis. Edan atuh. Dan track ke-5, Interlude, menjadi akhir yang tenang dari side A. Nggak seperti lagu lainnya, tempo yang mereka mainkan cenderung pelan. Cocok didengarkan sambil diselingi obrolan tentang pekerjaan yang melelahkan.

Membuka side B, lagu Unquestioned Answer sedikit berusaha menaikkan tempo selepas dipaksa tenang di track sebelumnya. Perlahan lagu ini mengajak kalian untuk bergerak liar memaksimalkan ruang. Disambung dengan track selanjutnya, Untitled, Vague kembali pada jalur post hardcore yang bising dan berkeringat.

Dissonance adalah lagu favorit saya, dimana pada lagu ini lengkingan gitar Yudhis benar-benar membuat kepala ingin mengangguk-angguk dengan cepat. Coba dengerin, nggak ada yang mubazir dari apa yang mereka mainkan di lagu ini. Repeat! Fade menutup album ini dengan perasaan puas akan suguhan album Footsteps.

Keseluruhan, album Footsteps memberikan efek liar lewat vokal khas Yudhis yang sekilas terdengar berteriak. Sayang, sound kasar tentu akan terdengar dari pemutar kasetmu, nggak akan semantap sound mp3. Ya, baiknya kita bersabar menantikan perilisan CD Footsteps, sambil menyiapkan speaker terbaik agar telingamu sepenuhnya puas.

 

Tracklist :

1. Footsteps

2. Inadequate

3. Retreat

4. A Giant Blur

5. Interlude

6. Unquestioned Answer

7. Untitled

8. Dissonance

9. Fade

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *