Press "Enter" to skip to content

Album: Teman Sebangku – Hutan Dalam Kepala

Indeks Prestasi Keren (IPK): 7/10

Banyak musik folk yang mengusung duo, namun Teman Sebangku yang digawangi oleh Sarita Rahmi Listya dan Doly Harahap, memiliki performa dan khasnya tersendiri. Musik mereka ringan dan sederhana, membuat perasaan menjadi bahagia, lengkap, dan terasa intim. Saya sendiri suka dengan lagu-lagunya, kalau lagi sendiri atau bersama teman spesial. Akhirnya mereka meluncurkan sebuah album penuh yang diberi nama Hutan Dalam Kepala yang merupakan salah satu album yang kebetulan dirilis juga pada Record Store Day 2016 kemarin. Dirilis melalui Omuniuum. Sebelum ini, Teman Sebangku telah menelurkan sebuah mini album bertajuk Menari Bersama EP (2010) dan sebuah single berjudul Agony Parade (2014).

Kalimat Hutan Dalam Kepala diambil untuk judul albumnya, dalam gambaran pikir saya berwujudkan nature banget dan cocok dengan vibes Bandung. Pas didengerin, ternyata lagu-lagunya cukup beragam. Ada kisah tentang seseorang, rasa optimis, keraguan, kesedihan, rasa tak pasti, kerinduan, dan tentang semesta. Seperti halnya lagu Di Semesta, yang erat kaitannya dengan rasa optimis bersama alam. Di lagu tersebut tersirat, antara perasaan kita sebagai manusia bisa dianalogikan pula terhadap alam. Alam seperti mencerminkan kepribadian manusia. Juga ada lagu Tentang, yang berisi kerinduan yang merajai pikiran dan tubuh. Cukup membuat terenyuh pas didengerin saat hujan turun.

Banyak list lagu lainnya pula seperti Perempuan Pagi, yang saya tangkap menggambarkan sosok teguh dan kuatnya seorang perempuan. Di kala semua belum bersiap untuk bertempur, perempuan maju terdepan untuk memulai. Di kala luka kemarin yang terdalam, perempuan bangkit seakan sudah sembuh perih hati. Seakan liriknya berkata seperti itu. Adapula lagu lainnya, seperti Yang Berjalan Menuju Sungai, Layang Melayang, Atau Semu, dan Catatan Kaki. Pokoknya semua lagunya memiliki ceritanya sendiri-sendiri. Kalian harus dengerin dulu kalau mau tau ceritanya, karena bakalan penuh, nih, kalau diceritain satu-satu. Namun, Alir Dan Arah adalah lagu yang paling saya sukai. Lagunya terasa absurd, misterius. Liriknya seakan menggambarkan situasi yang nggak pasti dalam menentukan arah dalam hidup.

Di album Hutan Dalam Kepala terdapat artwork photo essai oleh Doly Harahap sendiri. Sambil dengerin musiknya, kalian pun bisa menikmati karya fotonya juga. Makin lengkap deh. Banyak sekali musisi, seniman, kerabat, sahabat, keluarga, dan para tokoh yang membantu proses berkarya mereka selama ini. Saya terharu. Semoga Teman Sebangku akan terus menghasilkan karya yang membuat semua orang berbahagia dan merasa intim. Sukses selalu Sarita Rahmi Listya dan Doly Harahap.


Tracklist:

1. Tentang

2. Perempuan Pagi

3. Yang Berjalan Menuju Sungai

4. Alir dan Arah

5. Di Semesta

6. Layang Melayang

7. Atau Semu

8. Catatan Kaki

Comments are closed.