Press "Enter" to skip to content

Album: Silverglaze – Essays EP

Indeks Prestasi Keren (IPK): 7/10

Mungkin yang pernah muda dulu masih ingat dengan Cherry Bombshell, dan bagaimana jika 3 mantan personil dari band tersebut bikin band lagi, apalagi kalau 3 orang tersebut adalah Ajie Gergaji, Ajo, dan Widy? Mudah-mudahan buat kalian yang familiar dengan nama-nama itu bisa penasaran dengan karya-karya dari Silverglaze yang udah direkam dari tahun 2009-2010. Iya, udah lama, tapi baru keluar EP-nya lewat Anoa Records, dan sekarang mau ditelisik dikit biar geli. Itu mah kelikitik.

Berawal dari kesotoyan saya untuk me-review EP berisikan 6 Lagu ini, saya berharap banyak dengan unsur magis dari mereka yang pernah membawa musik pop independent lokal di atas angin dalam 1 dekade yang lalu. Rilisan ini dibuka dengan judul All About Us yang dieksekusi dengan baik. Saya masih bisa merasakan unsur musik pop yang dinamis, yang tentunya dulu sangat digandrungi.

Walaupun saya senang dengan unsur musik yang disebut di atas, tapi kok, rasanya saya ingin yang lebih ya dari EP ini. Namanya juga manusia, nggak pernah puas. Hehe. Karena tracks seperti Ambience, On My Own, Side by Side, dan single mereka We Can Do It Now Together terasa sama. Ya, nggak seutuhnya sama, tapi kayak ada suatu barrier yang mirip di CTR, yang bikin suasana lagu mereka nggak keluar ke mana-mana.

Track ke-3, Old White Dot bikin retak argumen saya di atas, karena Silverglaze menghadirkan yang lebih tanpa harus melewati garis batas yang mereka buat. Dengan tema yang agak-agak gelap gitu, lagu ini cocok kalau didengerin pas lagi minum susu coklat sambil scrolling feed Instagram gebetan yang digebet banyak orang. Huhu. Sedih tapi ada sisi lain yang nggak bikin kita gloomy, yaitu aransemen dari Ajie, Ajo, Sony, Widy dan Yoga yang kayak ngasih puk-puk secara gaib bagi yang merasakan efek seperti itu.

On My Own, Old White Dot, dan Side By Side menjadi lagu-lagu favorit buat saya di EP berjudul Essays ini, selain ketiganya sangat terasa beda dari segi aransemen musik, letak tiga lagu tersebut dalam tracklist juga kayak ngajarin bagaimana caranya bikin playlist yang baik dan benar. Lirik-liriknya juga mantap. Saya jadi mau tau kalau dijadiin video klip bakal kayak apa bentuknya.

Lagu-lagu yang ada di album ini direkam jauh sebelum perilisannya, jadi wajar aja bakal susah untuk dicerna di tahun-tahun sekarang, tapi begitu ngedengerin terus-terusan bakal kepincut juga kok pada akhirnya. Da yang penting mah usaha dulu, ngertiin satu sama lain. Apaan dah. Beli deh CD-nya, rasakan apa yang saya rasain.

Tracklist:

1. All About Us

2. Ambience

3. Old White Dot

4. On My Own

5. Side by Side

6. We Can Do It Now Together

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *