Press "Enter" to skip to content

Album: Rocket Rockers – Merekam Jejak

Don’t judge a band by its album cover. Hehe iya, saya kecele sama sampul albumnya, juga sama judul-judul yang ada di tracklist.  “Ah, nggak akan jauh dari Jangan dulu Tenggelam,” pikir saya awalnya. Sejak Aska mengambil alih posisi lead vocal dan “The Fantastic Four” menyuguhkan single Jangan Dulu Tenggelam, saya memang pesimistis sama album ke-5 Rocket Rockers. Nuansa “college punk” yang dulu pernah hadir menghiasi masa-masa remajaku itu biarlah jadi kenangan, aku pasrah. Teu~

Iya, Merekam Jejak nggak sesederhana itu. RR seperti me-recall memori-memori tentang musik yang memengaruhi mereka 16 tahun lalu. Seperti judulnya, kita seperti dibawa “napak tilas” musik-musik yang mewarnai era 90-an. Khas, seperti band-band alternative rock pada zaman itu yang menggabungkan banyak genre jadi suguhan yang easy listening. Ketukan drum cepat ala punk yang mendominasi, sampai karakter suara gitar yang grungy, gresh!

Mimpi Menjadi Serjana jadi pembuka, satu trek yang mengingatkan saya sama kejayaan Green Day. Yap, lagu ini konon mengambarkan sisi akademis para personelnya, tema yang cukup jarang diangkat kuartet ini. Sukses sekali membuat saya membuka folder skripsi.. lalu saya close lagi, nggak dikerjain, da hoream. Hahaha.

Belum beres merenungi nasib perkuliahan, Rocket Rockers langsung menghentak lagi dengan Masih Banyak Hati yang Menunggu. Lagunya punya reff yang renyah, kayak kamu makan Kit-Kat rasa green tea, bikin nagihKalau itu kayaknya nggak perlu diragukan, Aska jarang gagal bikin nada-nada “beracun”. Plus, kali ini, suara vokal Aska jauh lebih powerful ketimbang album-album sebelumnya.

Eh, belum beres. Tahan napas kamu di menit 1:46. Ada rap dari Andi Kungpow Chickens! Cukup kaget, alurnya nggak ketebak. Ini berlaku untuk semua trek di album ini. Ada kejutan di setiap lagu, yang nggak pernah kamu sangka sebelumnya. RR seperti mencoba menonjolkan kembali sisi idealisnya.

Setelah mendengar trek About Her dan Tiup Lilin Lagi, saya jadi paham kenapa albumnya dikasih judul Merekam Jejak. Saya senyum-senyum sendiri, emang berasa nuansa album Soundtrack For Your Life (2002) dan Ras Bebas (2004). Terima kasih buat solo bass Bisma di intro Tiup Lilin Lagi.

Giliran Kekuatanku. Intronya mengingatkan  saya sama lagu This Photograph Is Proof milik Taking Back Sunday. Ke sananya mah beda, da bukan band emo. Eh, tapi kalau kamu baru kenal Rocket Rockers karena denger lagu Dia, pasti suka dengan lagu yang punya lirik melankolis ini. Oh iya, juga ada Ameii, vokalis band pendatang baru, The Silver, yang bikin manis lagu ini.

Nah, berbahagialah buat kamu para RRF (fanbase Rocket Rockers, RED). Bersama Taklukkan Dunia, bakal jadi anthem yang menyenangkan, bikin kamu seneng jadi fans RR. Ada unsur ska yang bisa bikin kamu-mau berjingkrak woles. Ada juga nuansa country di lagu ini yang bakal bikin kamu berasa jadi koboy gagah yang mengendarai kuda, siap menangkap banteng dengan tali laso di tangan kanan. Kalau kidal, di tangan kiri.

Trek terakhir. Lagu ini udah diperdengarkan bebas di website resmi RR. Yap, Awal dari Cerita, kolaborasi dua band dari generasi sama, genre berbeda. Pop punk-nya ada, post hardcore-nya juga ada. Enak, Aska nggak mendominasi, begitu pun Yas, pas! Seneng deh liat mereka berdua akur, bisa jadi contoh buat kamu-kamu wahai anak band. “Awal dari cerita Rocket Rockers dan Alone At Last akan menjadi motivasi untuk tertawa,” kalau kata Yas.

Intinya, sih, seperti saya bilang di awal, album ini melampaui ekspektasi saya. Kehilangan frontman ternyata nggak bikin karakter bermusik mereka jadi saru. Dan yang paling bikin salut, meski sekarang banyak band-band sejenis bermunculan, Rocket Rockers selalu punya cara cerdik untuk mempertahankan eksistensi.

 

Tracklist:

1. Mimpi Menjadi Sarjana

2. Masih Banyak Hati yang Menunggu

3. Jangan dulu Tenggelam

4. Percuma

5. About Her

6. Tiup Lilin Lagi

7. Kekuatanku

8. Bersama Taklukkan Dunia

9. Awal dari Cerita

MDN Music

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *