Press "Enter" to skip to content

Album: Marsh Kids – The Many Failings of Bugsy Moonblood

Siapa bilang kalau personel-personel dari beda band bikin satu band baru bakalan kurang harmonis musiknya? Nggak ada sih, ngasal aja. Tapi, Marsh Kids malah memberikan nuansa baru yang bagus. Saat mengetahui bahwa album pertamanya, yaitu The Many Failings of Bugsy Moonblood ini yang dirilis oleh Demajors, hasrat ingin membeli langsung keluar tapi apalah daya, tanggal tua. Jadi pinjem dulu sekalian mau membagi curhatan saya ke warga kreatif akan album bagus ini.

“Mari berkunjung ke planet lain tanpa harus meninggalkan kasurmu” mungkin itu yang saya rasakan ketika disambut dengan track yang berjudul Fajar’s Lunatic Escaped. Nggak ditulis ke dalam track list di album package-nya memang. Ditulisnya cuma 12 track. Berdurasi 50 detik, membuat penasaran dengan lagu-lagu selanjutnya. Red Angel of My Sunset yang saya anggap jadi track pertama, memberi kesan santai dan tak terburu-buru sehingga pendengarpun nggak akan bosen dengerinnya.

Track ke-3, Pause membuat saya merasa sedang melayang tanpa tujuan di luar angkasa dengan hati yang bimbang. Atmosfer yang diberikan sebenernya masih sama dengan track sebelumnya tapi saya mendadak galau ketika lagu ini diputar. Nggak tau kenapa. City Fire memasuki antrian berikutnya. Dengan ketukan drum yang menarik serta petikan gitarnya yang unik membuat lagu ini hampir menyentuh kesempurnaan mutlak.

Inclination di track ke-4 berguna sebagai media istirahat setelah diporak-porandakan ekspektasi saya dengan lagu-lagu sebelumnya. Kayak kamu, membuat aku terus bereskpektasi, heuheu. Molly May di track ke-5. Bakalan cocok banget kalau kamu nyanyiin ke pasangan kamu, apalagi pas liriknya “Dawning on December, dreaming of forever. I know inside the real thing”. Nah, bulan depan tuh, guys siapa tau mau nembak gebetannya setelah mencium bau pengharkosan. Track-nya dilanjut sama Cochese & The Eggplant. Dengan suara vokal yang berat, memberi kesan angkuh namun tetap berwibawa.

Vampire’s Gun. Efek serem yang dikasih di sini bukan karena ada vampirnya kok, malah rasanya kayak kamu lagi kangen tapi nggak bisa apa-apa soalnya dia pacar orang. Dasar, pacarnya. Padahal komposisi musiknya romantis banget di track ke-7 ini tapi malah bikin galau. Masuk di track ke-8, Fugly Holiday yang pastinya cocok banget buat didenger bareng pacar, sambil gogoleran, di rumah kayu, samping bukit. Pemalas, ih.

Track ke-9 El Camino, dengan komposisi yang santai dan efek-efek yang membuat saya merasa sedang mengitari tata surya, berhasil mencuri perhatian kuping kiri saya. Judul track ke-10 adalah Pelawak Sekarang Lestari Mendatang, kayak yang nyindir gitu judulnya dan liriknya juga, seperti “Di kelakarnya tiada jenaka” dan “Desiran nafasmu memadamkan matahari. Kau jari-jemari yang mencekik bidadari pagi”. Lirik bahasa Indonesia dan vokal yang kuat serta emosi yang dicurahkan dari lagu ini berhasil mencuri perhatian kuping kanan saya. Intinya, 2 track ini favorit saya. Sekarang saya nggak punya kuping, udah dicuri semua.

Bentang Bintang di track ke- 11, membuat saya tetap merasa nyaman mendengarkan albumnya, padahal 1 track lagi abis. Huhu. Bugsy Moonblood melambaikan perpisahan sebagai track ke-12 di album ini dengan membuat saya sedih. Efek yang diberikan sangatlah gelap dan sendu. Kayak yang nyuruh ngulang lagi set-nya dari awal. Untung bukan ngajak balikan.

Lagu-lagu yang mengajak kita untuk mengitari luar angkasa ini di-package dengan simpel namun eksklusif. Dengan artwork kreatif dan tulisan-tulisan yang mendeskripsikan kalimat The Many Failings of Bugsy Moonblood memberi kesan perkenalan dari Marsh Kids yang seperti jabat tangan bapak-bapak, kaku. Bohong kok, perkenalan yang penuh arti dan unik dengan flamboyant rock/tornado pop dari mereka.

 

Tracklist:

1. Red Angel of My sunset

2. Pause

3. City Fire

4. Inclination

5. Molly May

6. Cochese & The Eggplants

7. Vampire’s Gun

8. Fugly Holiday

9. El Camino

10. Pelawak Sekarang Lestari Mendatang

11. Bentang Bintang

12. Bugsy Moonblood

 

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *