Press "Enter" to skip to content

Album: Locwag – Is Everyone Happy Now? EP

Beberapa hari, minggu, atau bahkan bulan ke belakang, saya agak sering mendengar keluhan orang-orang tentang begitu ramainya musik folk di Bandung. Atau dalam kata lain; selalu band folk yang diekspos media dan manggung di sana-sini. Berarti, begitu bergantungnya orang-orang pada apa yang diangkat oleh media.

Sejujurnya Bandung nggak cuma folk doang. Rock misalnya, belakangan lagi banyak juga meramaikan gigs. Juga ada Locwag yang terbilang baru ramai muncul di media. Makanya sering main ke roi-radio.com dong hehehe. Memulai perjalanan musiknya dari tahun 2011, baru pada awal Februari 2015 ini Locwag resmi merilis EP berjudul Is Everyone Happy Now?.

Is Everyone Happy Now? EP berisikan 5 trek yang banyak terinspirasi dari musik The SIGIT, Black Sabbath, Led Zeppelin, The Datsuns, AKA dan God Bless. Tapi musik yang Waren (vokal), Aki (gitar), Tebe (gitar), Gendat (bass) dan Kidam (drum) mainkan lebih cocok dianggap alternative rock. Di luar promo EP yang nggak begitu gencar, sebenarnya musik yang mereka mainkan lumayan cocok mengisi playlist keseharianmu di bawah tekanan tugas kuliah yang belum beres.

Memulainya dengan track berjudul Bewildered, single pertama yang mereka perkenalkan pada khalayak, Locwag berkenalan dengan memainkan musik rock bertempo cepat. Suara bass yang terdengar jelas menjadikan suara dosen yang sedang mengabsenmu tertutup. Jadinya kamu alfa. Entah mungkin ketika sedang menggarap trek ini mereka lagi suka denger The SIGIT, karena setau saya beberapa part terdengar sama. Oh ya, mungkin monolog dari Waren di bagian tengah lagu agak kurang enak bila dibawakan secara live. Kasian, orang-orang udah merasa enak dikasih musik segar yang cepat dari awal lagu.

Menuju trek ke-2 berjudul sama dengan nama EP, Is Everyone Happy Now?, Locwag masih memainkan tempo cepat. Entah kenapa saya merasa trek ini lebih pantas jadi single perkenalan mereka. Part paling asik ketika sebelum masuk melodi, seperti jeda yang bisa dipakai minum dulu, sebelum kembali menghajar dengan tempo cepat sampai selesai. Suara backing vocal-nya enak juga, sih. Itu siapa yang ngisi? Bagian akhir diisi oleh vokal dari Waren yang seakan menegaskan dengan sebuah pertanyaan, is everyone happy now? Ya, di lagu ini saya merasa senang. Lagu yang cocok menemani perjalananmu menunggangi kuda di Cilaki.

Cover album EP.
Cover album EP.

Di trek Comfort Slumber, saya lebih tertarik mendengarkannya setelah menit 1:20, saat giliran suara bass yang mendominasi lagu dengan santainya, lalu disusul suara lengkingan gitar yang nggak kalah santainya. Kalau aja lagunya dibawain santai sampai akhir, mungkin saya bakal suka. Tapi sayangnya, trek ke-3 ini agak sedikit membosankan, di luar part yang tadi saya sebutkan.

Dan ternyata si Locwag emang boleh juga kalau bawain lagu nyantai. Trek nomor 4 berjudul As I Know, menawarkan nuansa semlehoy layaknya lullaby song, yang mengantarkanmu menuju tidur yang syahdu. Tapi boong. Sekitar menit 1:50 rasa ngantukmu perlahan hilang. Pukulan drum dan dentuman bass sedikit menjauhkan predikat lagu pengantar tidur. Tapi secara keseluruhan, As I Know terdengar asik di telinga. Ditambah vokal Waren yang lebih woles dibanding di lagu lain yang bertempo cepat.

Pada trek penutup, Yang Bergerak Bersama Waktu, agak bingung juga dibilang enak apa nggak. Lagu dengan lirik berbahasa Indonesia ini dinyanyikan seperti hanya membacakan sebuah cerita diiringi musik rock. Agak kurang, sih, liriknya. Kebayang pas dibawain live, penonton pasti kesulitan buat sing along. Tapi saya mengapresiasi Locwag yang masih menyertakan bahasa orang tuanya sendiri. Kalau dari musiknya mah enak. Adeuh dipuji.

Keseluruhan, terasa menyenangkan mendengarkan musik yang mereka mainkan. Kalau Gendat bilang Locwag itu musik rock kagok, saya lebih senang mengatakan musik mereka rock yang santun. Masih bisa didengerin sama cewek-cewek penyuka seblak basah kali, ya. Dan EP ini saya rasa tepat dijadikan sebagai perkenalan, serta semakin meramaikan skena musik Bandung yang nggak itu-itu aja.

 

Tracklist:

1. Bewildered

2. Is Everyone Happy Now?

3. Comfort Slumber

4. As I Know

5. Yang Bergerak Bersama Waktu

Self released, 2015.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *