Press "Enter" to skip to content

Album: Juicy Luicy – Dansa Malam

Band pop-jazz-RnB muda dengan jumlah personil hampir satu RT dalam beberapa tahun belakangan ini semakin menjamur. Penyebabnya siapa lagi selain Kahitna, Java Jive, The Groove, atau Brown Sugar yang dengan suksesnya membuat kualitas audio dari penampilan live bisa hampir menyerupai hasil rekaman dengan mengandalkan jumlah instrumen yang lebih banyak dari biasanya. Kembali ke kebutuhan dari si musisi-nya sendiri.

Juicy Luicy termasuk band yang percaya akan kebutuhan tersebut. Sembilan personil nya (Julian-vokal, Denis-gitar, Gilang-trombone, Zamzam-saxophone,Bina-saxophone, Gobel-bass, Putra-keyboard, Dwi-drum, Gelvi-vokal bass), semuanya berperan aktif, hepi, dan asyik dalam setiap penampilan live dan pembuatan EP ini. Melabelkan diri sebagai band yang membawakan musik motown (diambil dari nama label asal Amerika Serikat, Motown Records yang banyak mengeluarkan rilisan persilangan musik soul-jazz-pop -RED). Melihat fokus genre yang diusung, wajar jika Juicy Luicy membutuhkan korps tenaga brass section yang mumpuni.

EP yang juga merupakan rilisan perdana mereka ini berisikan 8 tracks, 2 tracks sebagai pembuka dan penutup, dan 6 tracks lagu utuh. Keseluruhannya menggunakan lirik berbahasa Indonesia. Jujur, album ini mencuri perhatian dan telinga saya sejak pertama saya dengarkan.

Lagu Dansa Malam sukses terdengar seperti lagu ballroom dance bapak-bapak dirut bank di hotel berbintang lima. Beat yang swingy, komposisi brass section yang megah, bass-line yang manis, melengkapi tema lagu perihal membuang penat seharian dengan berdansa. Disambung dengan Terjebak Persahabatan yang membawakan nuansa neo-soul, sebuah genre yang belakangan dibawa naik lagi ke permukaan oleh Robin Thicke, Mayer Hawthorne, dan Allen Stone. Lirik lagu ini menceritakan tentang kondisi lelaki yang bingung berada di friendzone.

Lagu kesukaan saya muncul di track ke-5. Lagi-Lagi adalah karya pop yang legit sekali. Seakan-akan mendengarkan Hall & Oates yang sedang merasa muda kembali. Juicy Luicy menyombongkan musikalitas sangat matang di lagu ini. Komposisi seluruh instrumen (terutama brass section-nya yang gila!) cocok dan mantap sekali. Proses pasca-produksinya pun sangat menunjang. Membuat rilisan ini sangat layak nemplok di laci mobil kamu untuk selalu siap sedia diputar dimanapun kapanpun. Beli deh. Bagus.

Tracklist Dansa Malam:

  1. Intro
  2. Dansa Malam
  3. Terjebak Persahabatan
  4. Kejar Daku Kau Kutangkap
  5. Lagi-Lagi
  6. Sabtu Malam Sendiri
  7. Tenggelam Asmara
  8. Outro

Juicy Luicy – Dansa Malam

Self-released 2014

Dibeli dengan mengontak bandnya langsung via twitter, @juicyluicybdg – Rp. 35,000

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *